Home Bisnis Pahami Ulasan Problem Solving dan Prosesnya dalam Memecahkan Masalah!

Pahami Ulasan Problem Solving dan Prosesnya dalam Memecahkan Masalah!

by 8qmaf
Problem Solving

Dalam menghadapi berbagai pekerjaan tentu sangat dibutuhkan yang namanya keterampilan problem solving dalam kegiatannya. Kemampuan tersebut sangatlah penting untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Simak berikut ulasan lengkapnya yang dapat dipelajari yaitu:

Mengenal Problem Solving

Istilah problem solving merupakan aktivitas atau keterampilan untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Bukan hanya itu saja, penentuan prioritas hingga seleksi dari berbagai seleksi solusi permasalahan pun dapat diimplementasikan. Terdapat beberapa langkah terperinci dalam penyelesaian masalah tertentu.

Salah satu contoh dari proses yang menjelaskan permasalah seseorang tentu harus dapat membedakan prioritas masalah mana yang harus dikerjakan. Selanjutnya pengumpulan dari setiap fakta hingga akhirnya menemukan agar masalah bisa dilakukan. Memungkinkan permasalahan yang sedang dialami seseorang menemukan solusinya.

Proses dalam Problem Solving

Dalam mencari solusi terkait suatu masalah, seseorang juga diharuskan mengetahui proses dan sistem kerja yang dapat dilakukan. Kemampuan dalam meneliti, menganalisis serta mengamati masalah pun harus dimiliki. Berikut beberapa proses yang terdapat di dalamnya yaitu:

1. Mendefinisikan Masalah

Proses pertama yang harus diketahui dalam menyelesaikan sebuah masalah yaitu definisi atau penjelasan dari masalah itu sendiri. Kemampuan untuk melihat gejala atau penyebab terjadinya suatu masalah menjadi kunci analisa masalah yang sesungguhnya. Terdapat banyak latar belakang serta pengaruh yang membuat konflik terjadi.

Berdasarkan hal tersebut cara memahami permasalahan harus segera dipecahkan sesegera mungkin. Hal ini tentunya akan meminimalkan kemungkinan permasalahan yang muncul menjadi lebih besar. Oleh sebab itu dukungan dari informasi yang lengkap sangat dibutuhkan.

2. Identifikasi Permasalahan

Selanjutnya proses yang terdapat di dalamnya ada identifikasi permasalahan yang dapat dikumpulkan. Proses dari pemecahan masalah pun bertujuan untuk membagi berbagai aspek penting yang tidak dapat dipisahkan. Tidak hanya itu, tujuan dari identifikasi juga dapat menghasilkan tercampurnya elemen yang berbeda.

Cara tersebut nyatanya terbukti bekerja sehingga menghasilkan proses yang lebih signifikan dan terstruktur. Dalam hal ini pula segala bentuk kreativitas dan keterampilan kritis dan logis sangat dibutuhkan. Memungkinkan solusi alternatif pun dapat muncul dan timbul hingga dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah.

3. Menentukan Solusi

Hadirnya problem solving tentu mempunyai peran untuk dapat mencari dan menemukan solusi terbaik yang dapat digunakan. Terlebih lagi permasalahan yang terjadi sudah masuk ke dalam tahap yang kompleks. Kegiatan dari menentukan jalan keluar yang terbaik dalam menyelesaikan masalah dapat dipertimbangkan sebagai solusi yang tepat.

Nah, ditahap inilah proses yang terjadi akan berjalan lama, sebab untuk menemukan solusi tidaklah mudah untuk dikerjakan. Belum lagi dalam mencari sebuah jalan keluar diperlukan pikiran yang jernih dan logis. Kedua hal dalam pikiran tersebutlah yang nantinya akan melahirkan solusi yang tepat dan juga bijak dalam sebuah permasalahan.

4. Melakukan Evaluasi

Terakhir, proses yang paling penting dan tidak boleh sampai tertinggal yaitu adanya evaluasi yang harus dilakukan. Proses evaluasi sendiri menuntut seseorang untuk dapat menentukan taktik serta strategi yang akan digunakan. Jika strategi tersebut sudah terancang maka, pembagian tugas kepada anggota tim pun dapat dilakukan.

Hal ini merupakan bentuk dari tindak lanjut yang dilakukan oleh seseorang atau golongan dalam menghadapi masalah. Jika hal tersebut sudah terlaksana maka, solusi tepat yang akan digunakan pun bisa diputuskan. Setelah solusi tersebut diterapkan, evaluasi keberhasilan dari solusi pun akhirnya bisa mulai dilakukan.

Demikianlah penjelasan terkait problem solving dan juga proses yang dapat dilakukan dalam pemecahan masalah. Perumusan ide serta solusi yang tepat pun harus benar-benar dipikirkan dengan kepala yang dingin. Jangan sampai solusi yang digunakan merupakan hasil keputusan yang diambil dalam keadaan emosional.

You may also like