Memiliki usaha di zaman serba canggih seperti ini memerlukan kejelian tersendiri, memerlukan semacam strategi pemasaran yang jitu. Selain memiliki produk yang bagus, kemampuan pemasaran produk harus dikuasai oleh pelaku usaha.
Saat ini usaha franchise menjadi usaha yang cukup menjanjikan. Hal itu karena usaha ini memiliki risiko bisnis yang kecil dibandingkan usaha lainnya. Franchise merupakan usaha yang sudah “jadi” sehingga anda tidak perlu melakukan percobaan kesuksesan usaha.
Pemilik franchise sudah mempersiapkan kebutuhan mitra usahanya. Mulai dari produk, tempat berjualan, alat promosi dan harga jual. Anda sebagai mitra bisnis tidak perlu dipusingkan dengan persiapan usaha. Lalu apakah semua pengusaha franchise sukses. Jawabannya bisa anda dapatkan, setelah membaca Strategi Pemasaran berikut ini.
- Target market
Setiap produk pasti ada pangsa pasarnya, masalahnya tidak semua bisa menemukan pangsa pasar yang sesuai. Anda perlu mengadakan pengamatan tentang produk yang akan anda jual. Siapa yang akan menggunakannya, rentang usia pembeli anda dan dimana anda bisa menemukan pangsa pasar ini.
Penelitian bisa anda lakukan melalui pengamatan langsung ke lokasi Jualan anda. Bisa juga menggunakan media internet untuk mendapatkan informasi yang anda butuhkan. Menjual produk dilingkungan dan pangsa pasar yang sesuai pasti akan memberikan keuntungan.
- Keunikan Produk.
Untuk dapat memenangkan persaingan anda perlu melakukan terobosan. Usahakan produk anda memiliki keunikan tersendiri. Bisa saja anda menjual jenis yang sama, hanya di tempat anda produk memiliki kelebihan.
Anda bisa saja sama-sama menjual tahu, hanya tahu di tempat anda memiliki varian rasa yang berbeda. Kemasan yang digunakan pun berbeda. Hal ini memberikan nilai tambah bagi usaha anda. Anda harus melakukan sedikit inovasi untuk produk yang ditawarkan sebagai sebuah Strategi Pemasaran.
- Promosi
Meskipun pemilik franchise sudah memiliki sarana promosi untuk produk anda. Namun tidak ada salahnya jika anda ikut mempromosikannya. Minimal membangkitkan Brand Awernes, tentu saja hal ini bisa menguntungkan Anda. Jika konsumen membutuhkan produk sejenis, produk andalah yang pertama diingat.
- Seorang Ahli di Bidangnya.
Saat membutuhkan sebuah produk lalu anda mendapatkan penjelasan dari seseorang yang ahli mengenai produk itu, anda tentu akan merasa yakin. Begitu juga dengan pelanggan anda. Buatlah diri anda mengerti mengenai produk dan cara pemasarannya.
Bisa melalui informasi yang anda dapatkan dari pemilik franchise. Bisa juga dari pelatihan yang diadakan. Jangan pernah merasa lelah mencari ilmu. Karena pengetahuan yang banyak bisa membantu usaha anda makin berkembang.
- Jaga pelanggan anda.
Strategi Pemasaran selanjutnya adalah anda harus menjaga Pelanggan. Pelanggan yang merasa puas dengan layanan dan produk anda akan terus loyal kepada usaha anda. Oleh karenanya anda harus membina hubungan baik dengan pelanggan. Berikan diskon dan bonus-bonus khusus untuk costumers Anda.
Setiap usaha baik kecil maupun besar harus terus dianalisa. Lakukan penelitian tentang usaha Anda secara rutin. Telitilah langkah-langkah yang telah anda lakukan, lalu bagaimana hasil yang didapat. Jika hasilnya belum sesuai harapan, teliti kembali di mana kelemahan usaha anda. Jika sudah memuaskan pikiran kembali langkah yang bisa anda kembangkan. Jika anda melakukan dengan maka usaha franchise anda akan sukses.
Tidak ada bisnis yang bisa besar dan sukses secara instan. Semua usaha butuh proses, hanya saja jika langkah usaha anda benar, kesuksesan bisa cepet anda raih. Strategi Pemasaran merupakan hal mutlak yang harus dimengerti pebisnis. Jangan malas belajar, terus tambah pengetahuan anda, untuk sebuah bisnis yang sukses.