Home Travel Mau Pergi Ke Eropa Dengan Visa Schengen? Begini Cara Membuat Visanya!

Mau Pergi Ke Eropa Dengan Visa Schengen? Begini Cara Membuat Visanya!

by 8qmaf
Mau Pergi Ke Eropa Dengan Visa Schengen? Begini Cara Membuat Visanya!

Tidak sedikit orang yang bermimpi untuk bisa pergi liburan ke Eropa. Nah, kamu juga bisa kok liburan ke Eropa dengan menggunakan Visa Schengen! Dimana nantinya kamu bisa dengan bebas menjelajahi 26 negara di Eropa yang sudah disepakati di perjanjian Schengen tadi untuk kunjungan jarak pendek, berikut tipsnya.

1. Tentukan Itinerary

Tentunya untuk mengajukan permohonan Visa Schengen tersebut kamu wajib membuat itinerary terlebih dahulu. Dimana kamu harus menentukan negara mana saja yang ingin dikunjungi saat nanti berada di Eropa. Dengan begitu, kamu tidak akan kebingungan saat mengajukan visa ke negara mana saja.

2. Siapkan Persyaratan

Setelah selesai menentukan itinerary, kamu harus melengkapi persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat Visa Schengen tersebut. Kamu juga harus memastikan juga bahwa masa berlaku yang tersisa minimal 6 bulan lamanya dan terdapat dua lembar halaman kosong untuk visa.

Selain itu, kamu harus menyiapkan pas foto berukuran 3.5 x 4.5 cm dengan latar belakang putih atau abu-abu muda. Setelah itu, unduh formulir pengajuan Visa Schengen tersebut di halaman resmi kedutaan. Setelah itu nantinya kamu akan diminta mengisi lembar pernyataan dan formulir lainnya. Tentunya kamu harus menyiapkan dana untuk membayar visa tersebut. Kamu juga harus siap sedia jika diminta menyerahkan dokumen lainnya sebagai syarat persyaratannya. Biasanya dokumen-dokumen tersebut ada masanya perlu diterjemahkan melalui jasa penerjemah tersumpah.

3. Proses Wawancara

Setelah menyerahkan berkas-berkasnya kamu hanya tinggal menunggu proses wawancaranya saja kok! Apabila penyerahan berkas dilakukan secara langsung, maka nantinya kamu akan melakukan wawancara secara tatap muka. Namun, jika berkas tersebut diserahkan secara online, maka proses interview yang dilakukang juga akan berlangsung secara online tentunya.

Setelah ketiga tahap di atas tadi berhasil kamu lewati, maka kamu tinggal menunggu Visa Schengen tadi jadi saja kok! Jika kamu beruntung, di hari itu juga, kamu bisa langsung memperoleh Visa Schengen tadi.

Namun jika keberuntungan tidak berpihak padamu, maka mau tidak mau kamu wajib menunggunya maksimal selama 14 hari sebelum keputusan dari kedutaan tiba. Bagaimana sangat mudah sekali bukan proses membuat Visa Schengen tersebut?

You may also like