Home Travel Story Yuk, Lihat Tradisi Pemakaman Paling Unik di Tana Toraja!

Yuk, Lihat Tradisi Pemakaman Paling Unik di Tana Toraja!

by 8qmaf
Yuk, Lihat Tradisi Pemakaman Paling Unik di Tana Toraja!

Beberapa suku di dunia memiliki ritual kematian. Indonesia juga punya, tepatnya di Toraja, Rambu Solo namanya!

Rambu Solo adalah upacara adat kematian masyarakat Toraja yang bertujuan untuk menghormati dan menghantarkan arwah orang yang meninggal dunia menuju alam roh, yaitu kembali kepada keabadian bersama para leluhur mereka di sebuah tempat peristirahatan. Upacara ini sering juga disebut upacara penyempurnaan kematian karena orang yang meninggal baru dianggap benar-benar meninggal setelah seluruh prosesi upacara ini digenapi. Jika belum, maka orang yang meninggal tersebut hanya dianggap sebagai orang sakit atau lemah, sehingga ia tetap diperlakukan seperti halnya orang hidup, yaitu dibaringkan di tempat tidur dan diberi hidangan makanan dan minuman bahkan selalu diajak berbicara.

Puncak dari upacara Rambu solo ini dilaksanakan disebuah lapangan khusus. Dalam upacara ini terdapat beberapa rangkaian ritual, seperti proses pembungkusan jenazah, pembubuhan ornament dari benang emas dan perak pada peti jenazah, penurunan jenazah ke lumbung untuk disemayamkan, dan proses pengusungan jenazah ke tempat peristirahatan terakhir.

Selain itu, dalam upacara adat ini terdapat berbagai atraksi budaya yang dipertontonkan, diantaranya adu kerbau, kerbau-kerbau yang akan dikorbankan di adu terlebih dahulu sebelum disembelih dan adu kaki. Ada juga pementasan beberapa musik dan beberapa tarian Toraja.

Jadi, tunggu apalagi?
Apabila Anda ingin merasakan pengalaman liburan yang unik, maka tour Festival Rambu Solo ini adalah pilihan yang tepat!

You may also like