Home Travel Story Pantai Greweng Jogja yang Belum Banyak Diketahui Wisatawan

Pantai Greweng Jogja yang Belum Banyak Diketahui Wisatawan

by 8qmaf
Pantai Greweng Jogja

Selain terkenal akan pelestarian budayanya yang kental, Kota Jogja juga terkenal akan keindahan pantainya. Selain Pantai Pangandaran yang sudah terkenal, ada juga Pantai Greweng Jogja yang siap memanjakan mata Anda dengan spot-spot indah untuk swafoto atau sekedar bersantai.

Untuk menjamah pantai ini, Anda dapat melakukan perjalanan pribadi maupun dengan paket tour domestik kota Jogja yang tersedia. Meskipun harus melewati perjalanan yang cukup menantang, Anda akan disambut dengan hamparan pasir putih dan tempat camping sepi. Ya, pantai ini memang tergolong pantai yang masih sepi pengunjung.

 

Apa saja hal menyenangkan yang dapat dilakukan di Pantai Greweng Jogja?

Karena kondisi alamnya yang masih asri, sangat cocok dijadikan sebagai spot camping bersama keluarga ataupun teman-teman. Namun di pantai ini hanya ada satu warung dan tidak setiap hari buka, sehingga Anda disarankan untuk membawa perbekalan makanan sendiri. Tapi harus diingat bahwa Pantai Greweng merupakan salah satu pantai yang memiliki peraturan sangat ketat mengenai sampah dan kebersihan lingkungan. Untuk kamar mandi sendiri, tersedia beberapa bilik yang siap digunakan kapan saja oleh pengunjung.

Pada hari-hari biasa, hanya sedikit pengunjung yang datang ke pantai ini, jadi Anda bisa merasakan sensasi seperti berada di pantai pribadi. Biasanya, jumlah pengunjung akan lebih banyak ketika musim liburan.

Di pantai ini diapit oleh dua karang yang sangat besar dan disebut sebagai “hutan batu” karena permukaan karang ditumbuhi pepohonan yang rimbun. Sering kali para pengunjung menggunakan spot ini sebagai sarana untuk berswafoto.

Karang ini secara tidak langsung menggambarkan kondisi alam menuju Pantai Greweng memiliki kontur bebatuan yang berbeda-beda, sehingga dibutuhkan tenaga cukup banyak hingga sampai di pantai ini.

Bagi Anda yang suka dengan kegiatan memancing, di pantai ini terdapat berbagai jenis ikan yang dapat dipancing. Anda bisa memanfaatkan karang-karang yang ada sebagai spot untuk memancing. Namun sayangnya, di Pantai Greweng belum ada pihak pengelola yang menyewakan alat-alat pancing, jadi Anda harus menyiapkannya dari rumah.

Ikan-ikan yang Anda dapatkan dari memancing bisa dijadikan bahan untuk barbeque sambil menikmati indahnya matahari tenggelam yang sudah terkenal akan keindahannya di pantai ini.

Keindahan Pantai Greweng Jogja tidak hanya sampai disitu saja, di pantai ini juga terdapat aliran air kecil yang memecah pasir pantai menjadi dua bagian. Air ini merupakan aliran dari mata air tawar yang terdapat di dalam gua tidak jauh dari lokasi Pantai Greweng berada.

Bagi Anda yang datang ke pantai ini menggunakan kendaraan pribadi, Anda akan dikenakan biaya parker sebesar Rp 3.000 untuk sekali kunjungan atau Rp 5.000 untuk tariff menginap. Sedangkan untuk kendaraan pribadi roda empat atau mobil, Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000 untuk sekali kunjungan atau Rp 10.000 untuk tariff menginap.

Namun jika pantai ini termasuk ke dalam paket wisata jogja dari Joglo Wisata yang Anda gunakan, maka tarif parkir kendaraan bermotor sudah termasuk ke dalam harga paket tersebut.

Lokasi Pantai Greweng Jogja

Menurut administratif, pantai ini termasuk ke dalam kawasan Desa Tepus, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Meskipun jaraknya yang cukup jauh dari pusat kota, yaitu sekitar 74 km, tapi Anda masih bisa menjangkau pantai ini dengan mengendarai kendaraan pribadi sekitar 2,5 jam.

Untuk parkiran kendaraan bermotor disediakan tidak terlalu jauh dari bibir pantai. Anda dapat memarkirkan kendaraan dengan tarif yang sudah disebutkan diatas, kemudian melanjutkan perjalanan menuju bibir pantai dengan berjalan kaki.

Meskipun terdengar melelahkan, jalan menuju bibir pantai terbilang cukup ringan. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan juga bebatuan karang dengan bentuk yang berbeda-beda. Ditambah lagi jika Anda menggunakan paket wisata jogja menuju destinasi ini. Selama perjalanan Anda dapat bercengkrama dengan sesama peserta yang juga turut dalam tour tersebut.

You may also like