Home Travel Story Daftar Ulasan Objek Wisata di Ciamis Dengan Daya Tarik Memukau

Daftar Ulasan Objek Wisata di Ciamis Dengan Daya Tarik Memukau

by 8qmaf
Kampoeng Sawah Ciamis

Ada banyak sekali objek wisata di Ciamis Jawa Barat dengan daya tarik yang memukau serta Instagrammable. Ciamis sendiri merupakan salah satu kabupaten yang ada di paling timur provinsi Jawa Barat dan berbatasan dengan kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Ciamis sendiri juga dikenal sebagai daerah wisata yang mengalami banyak pemekaran. Jika Anda tertarik berkunjung ke daerah ini, maka berikut beberapa rekomendasi wisata Ciamis yang tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi.

5 Rekomendasi Objek Wisata di Ciamis Populer

  • Kampoeng Sawah Ciamis

Dikutip dari media online lokal Ciamis, destinasi wisata Kampoeng Sawah ini bisa jadi objek liburan keluarga dengan banyak spot-spot foto Instagramable. Lokasinya sendiri berada di Dusun Cigintung, Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Kampoeng Sawah tengah jadi hits karena menawarkan keindahan taman bunga yang memukau.

Kampoeng Sawah Ciamis
Sumber : harapanrakyat.com

Tidak hanya taman bunga, namun juga ada banyak fasilitas lainnya seperti taman bermain anak, gazebo untuk bersantai serta kolam ikan. Dengar-dengan wisata ini juga akan mulai dibangun wahana air waterboom dan flying fox untuk daya tarik tambahan bagi wisatawan agar ma uterus berkunjung.

Kampoeng Sawah sendiri didirikan awalnya dengan memanfaatkan area persawahan tadah hujan milik pemerintah desa setempat. Tempat wisata di Ciamis ini sengaja dibuat dengan konsep destinasi liburan bagi keluarga.

  • Mandiri Sayang Kaak

Namanya mungkin terdengar unik, tapi Mandiri Sayang Kaak sebenarnya adalah objek wisata yang berlokasi di Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Ciamis. Destinasi liburan ini sering sekali dikunjungi oleh keluarga termasuk anak-anak saat musim liburan, menawarkan area rekreasi yang indah untuk tempat bersantai dan beraktivitas seru seperti flying fox, memanah/ archery dan mini cross anak.

Di sekitar objek wisata di Ciamis ini terdapat banyak area untuk tempat bermain anak serta spot-spot foto selfie menarik. Lahan yang ada memang sangat luas, selain sebagai tempat bermain juga dapat digunakan untuk belajar. Tidak heran banyak juga rombongan wisatawan dari sekolah yang sering berkunjung ke tempat ini. Apalagi harga tiket masuknya juga murah, hanya Rp 6 ribu per orang.

  • Cadas Ngampar

Banyak wisatawan datang berkunjung ke objek wisata air satu ini, entah hanya untuk sekedar menikmati pemandangan sambil duduk-duduk bersama alias botram atau melakukan aktivitas air seru lainnya seperti berenang.

Di sini terdapat sungai Cileuer yang berlokasi di Dusun Cikatomas, Desa Gunungsari, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis. Cadas sendiri adalah lapisan tanah batu yang keras berasal dari bentukan pasir atau tanah yang memadat. Sementara Ngampar diambil dari bahasa Sunda yang artinya berserakan sehingga Cadas Ngampar merupakan objek wisata di Ciamis populer yang dipenuhi bebatuan dimana-mana.

Banyak orang yang berkunjung makan bersama di tempat ini dengan membawa liwet. Tidak tanggung-tanggung, ada juga yang sengaja memasak langsung liwet di pinggir sungai. Untuk sampai ke lokasi ini, rute yang ditempuh memang cukup terjal, bahkan wisatawan harus melewati jalan bantaran sawah 50 meter jauhnya dari jalan raya.

  • Sungai Cireong Ciamis

Selain Cadas Ngampar, wisata air lainnya yang dapat dikunjungi adalah Sungai Cireong Ciamis yang letaknya ada di Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih. Sama seperti di Cadas Ngampar, di tempat ini juga dapat dijadikan sebagai area bermain bagi anak-anak dan rekreasi keluarga. Bahkan banyak sekali anak-anak baik dari Desa Sukaresik maupun pengunjung dari luar desa lainnya yang berenang di sungai ini.

Bantaran Sungai Cireong sendiri awalnya banyak ditumbuhi rerumputan liar, sebelum akhirnya dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan menjadi destinasi liburan keluarga sebagai tempat botram. Selain itu, aliran sungai yang ada juga kini diubah agar bisa lebih aman dipakai untuk tempat berenang. Disediakan juga fasilitas keamanan seperti pelampung, ban dan sebagainya.

Di sini, pengunjung tidak hanya dapat menikmati pemandangan alam sambil bermain air. Di sekitar area yang ada terdapat banyak warung yang menyediakan kuliner untuk disantap bersama.

  • Karang Hantu

Namanya terdengar ngeri, tapi sebetulnya Karang Hantu adalah objek wisata alam Ciamis yang punya banyak potensi sebagai destinasi liburan. Belum banyak yang tahu tempat yang berlokasi di Sinarmawar, Kelurahan Cigembor ini karena pemerintah setempat belum banyak menjamah dan memfasilitasi area yang ada. Tapi Karang Hantu dapat menjadi tempat wisata yang menawarkan tidak hanya pemandangan alam yang cantik, tapi juga menjual spot-spot foto untuk latar belakang foto selfie.

Di area ini terdapat pemandangan lembah yang alami dan kehijauan, ditambah lereng-lereng perbukitan yang berkelit serta alur sungai yang serasi dengan keindahan alam yang ada. Hingga kini penduduk sekitar masih terus menerus meningkatkan potensi wisata di Karang Hantu.

Itulah beberapa rekomendasi objek wisata di Ciamis yang bisa Anda coba kunjungi di waktu liburan. Semoga bermanfaat.

You may also like