Home Travel Story Karimun Jawa Dengan Segala Pesona Eksotiknya

Karimun Jawa Dengan Segala Pesona Eksotiknya

by 8qmaf
Karimun Jawa Dengan Segala Pesona Eksotiknya

Mungkin Anda pernah mendengar nama Karimun jawa, dalam pembahasan ini akan diulas tentang tempat tersebut, sekaligus destinasi wisatanya. Karimun ini adalah sebuah pulau, berlokasi di laut Jawa. Kepulauan ini masuk dalam wilayah Jepara. Luas daratan dari pulau ini kurang lebih 1.500 hektare sedangkan perairan kurang lebih 110.000 hektare.

 

Apa Saja yang Bisa Ditemukan di Karimun Jawa?

Karimun jawa populer dengan keindahan Wisata Taman Lautnya. Karimun sangat digemari oleh banyak wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Tahukah Anda bagaimana asal mula nama Karimun tersebut? Jadi dikisahkan bahwasannya dulu tempat tersebut ditemukan oleh seorang sunan.

Saat itu, Sunan Muria memberikan perintah pada Amir Hasan untuk pergi ke sebuah pulau yang mana pulau tersebut tampak seperti kremun-kremun (kabur) dari puncak Gunung Muria. Perintah itu dimaksudkan untuk memperdalam ilmu agamanya. Karena pulau tersebut terlihat kremun-kremun sehingga pulau itu disebut dengan Kremunjawa “Karimun” dan sebutan itu dipakai hingga sekarang.

Karimun Jawa memang dikenal sebagai destinasi wisata yang cukup digemari. Wisata lautnya sangatlah indah, Anda juga bisa menikmati sensasi scuba diving, renang, snorkling, berkunjung ke hutan mangrove, berkunjung ke tempat penangkaran hiu yang terdapat di pulau ini, memancing sambil lalu menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam dan lain sebagainya.

Wisata pulau ini memang berpusat di laut, Anda akan disuguhkan view yang luar biasa, tak akan Anda temui itu di tempat lain. Untuk sampai ke Karimun, Anda dapat gunakan jalur laut maupun jalur udara. Untuk jalur yang melalui laut, Anda bisa gunakan kapal motor berpenumpang maupun kapal bahari. Menggunakan jalur laut membuat Anda bisa menikmati suasana laut. Namun penting untuk Anda memperhatikan apakah cuaca cukup mendukung untuk Anda bisa menyebrangi laut.

Ada banyak jenis kapal yang bisa Anda naiki di pelabuhan jepara untuk menuju karimun jawa. Tarif masing-masing kapal juga berbeda. Anda tinggal sesuaikan dengan keuangan Anda saat itu. Berikut daftar tarif berbagai jenis kapal untuk menuju ke Karimun Jawa :

  • Kapal KMC EXPRESS BAHARI 2C terbagi menjadi tiga bagian. Untuk kelas VIP sebesar Rp. 175.000 per orang, kelas eksekutif Rp. 150.000 per orang dan yang ketiga kelas bisnis Rp. 80.000 per orang.
  • Kapal KMC KARTINI I memiliki tarif yang lebih murah, untuk kelas eksekutif Rp. 80.000 per orang dan untuk kelas bisnis Rp. 65.000 per orang
  • Kapal siginjai, ini adalah jenis kapal dengan tarif yang sangat bersahabat, lebih murah jika dibandingkan dengan dua kapal lainnya. Di kapal ini juga tidak ada kelas-kelas, semua ruangan sama dan ditarik dengan tarif yang sama pula yaitu Rp57.000 untuk setiap orangnya.

Jika Anda lebih memilih untuk menggunakan jalur udara untuk sampai ke karimun jawa, maka anda bisa menggunakan pesawat terbang. Akan tetapi seperti yang kita semua ketahui, biaya yang harus Anda keluarkan tentunya akan jauh lebih banyak jika dibandingkan harus menggunakan jalur laut.

Fasilitas yang terdapat di karimun jawa terbilang sangat lengkap. Mulai dari tempat menginap seperti vila, hotel, homestay, tersebar di seluruh pulau ini. Tarifnya pun beragam, mulai dari jutaan rupiah, namun tak sedikit juga yang tarifnya dikisaran ratusan ribu saja. Jika Anda ingin berkeliling pulau Karimun ini, Anda bisa gunakan jasa sewa motor, tarifnya kurang lebih Rp 70.000 untuk setiap 12 jamnya.

You may also like