Home Travel Story Buddies! Yuk Kenali Tempat Wisata Taman Nasional Tanjung Puting

Buddies! Yuk Kenali Tempat Wisata Taman Nasional Tanjung Puting

by 8qmaf

Taman Nasional Tanjung Puting yang telah ditetapkan sebagai pusat konservasi alam flora dan fauna, khusunya untuk orang utan Kalimantan ( borneo ). Sebagai tujuan wisata utama bagi Kabupaten Kotawaringin Barat Kabupaten Kalimantan Tengah. Saat ini memiliki lebih 600 jenis pohon, 200 jenis anggrek, 250 spesies burung, 28 spesies mamalia besar, dan 9 spesies primata, dan segala bentuk kehidupan yang ada di dalam Taman Nasional Tanjung Puting.

Salah satu kekayaan alam Indonesia, karena taman ini dikelilingi dengan hutan hujan tropis. Membuat siapapun yang berwisata disini akan menjadi salah satu pengalaman yang tidak terlupakan. Berikut tempat wisata yang bisa kamu jelajahi ketika kamu sedang menapaki Taman Nasional Tanjung Puting.

1.Tanjung Harapan dan Desa Sekonyer

Terletak di zona pengembangan Taman Nasional Tanjung Puting, kawasan ini cocok untuk kegiatan ekowisata. Disini terdapat Guest House dan juga Menara Observasi.

2. Pesalat Daerah Reboisasi

Salah satu area dalam zona reboisasi khusus yang sudah secara khusus ditetapkan untuk program reboisasi. Di sini, pengunjung di beri tanaman dan mengapdopsi bibit yang sudah disediakan lalu di tempel nama – nama pengunjung yang akan diletakkan di depan pohon setiap pengunjung yang melakukan penanaman pohon di daerah ini.

3. Pondok Tangguy

Pondok Tangguy yang ditetapkan khusus untuk program anak orangutan dan semi liar rehabilitasi. Di sini kamu akan ditawarkan program pemberian makan untuk orangutan sejak pukul 9 pagi dengan para wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri.

4. Camp Leakey

Ini adalah salah satu tempat khusus untuk pengembangan pusat penelitian orang utan, karena tempat ini sangat diwajibkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan untuk melihat orangutan liar dan setengah liar dan juga pemberian makan orangutan.

5. Buluh Besar dan Sungai Buluh Kecil

Di tengah Taman Nasional Tanjung Puting terletak dua sungai dengan air hitam yang tenang dan tidak tercemar. Sungai ini bisa di tempuh setelah 3 jam perjalanan dengan klotok.

6. Sungai Cabang

Wilayah Sungai Cabang adalah salah satu zona yang menawarkan pengembangan tradisional dengan pantai berpasir yang indah, disini kamu juga bisa memancing dengan budaya tradisional. Pantai dengan pasir putih ini merupakan tempat bersarangnya penyu hijau dan penyu skala. Kamu juga bisa menikmati malam yang terlupakan di sungai Sekonyer dengan melihat kunang – kunang yang berkeliaran di antara daun Nipah yang gemerlap seperti cahaya bintang yang berterbangan.

You may also like