Home Travel Story Baru Pertama Ke Luar Negeri? Pastikan Kamu Sudah Siapkan 7 Hal Ini

Baru Pertama Ke Luar Negeri? Pastikan Kamu Sudah Siapkan 7 Hal Ini

by 8qmaf
Baru Pertama Ke Luar Negeri

Jalan-jalan ke luar negeri menjadi salah satu impian kuat khususnya bagi mereka yang memiliki hobi travelling. Apakah kamu salah satunya?

Berlibur di luar negeri tentunya akan mengalami perbedaan yang signifikan dengan berwisata di dalam negeri. Dengan demikian, hal yang perlu dipersiapkan juga berbeda dengan wisata ke luar kota atau luar pulau.

So, agar liburan kamu meninggalkan kesan yang ga terlupakan, apalagi bagi kamu yang baru pertama ke luar negeri, yuk siapkan 7 hal ini dulu dari jauh-jauh hari:

 

1. Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan dari Jauh-Jauh Hari

Untuk bisa jalan-jalan ke luar negeri, kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen seperti passport dan visa. Kedua dokumen tersebut harus kamu siapkan minimal 6 bulan sebelum keberangkatan.

Daftarkan data kamu pada kantor imigrasi dari jauh-jauh hari secara online untuk membuat passport. Hal ini mengingat antrian pembuatan passport selalu penuh sehingga perlu disiapkan dari jauh-jauh waktu.

Visa juga dibutuhkan jika kamu berminat jalan-jalan ke luar Asia. Seperti halnya pembuatan passport, dalam pembuatan visa juga perlu disiapkan berbulan-bulan sebelumnya. Banyak yang menggunakan jasa pengurusan visa supaya lebih cepat dan praktis, terutama bagi yang tidak terlalu paham prosedur pengurusan visa dan tidak punya banyak waktu.

 

2. Buat Rundown Perjalanan Sedetail Mungkin

Selain mempersiapkan dokumen, kamu juga perlu menyiapkan rundown kegiatan perjalanan kamu selama di negera tujuan kamu.

Tentukan titik tempat yang ingin dikunjungi dan cari tahu perkiraan jarak dari penginapan ke tempat tujuan agar dapat diperkirakan estimasi waktunya.

Buatlah rundown sedetail mungkin pula mengenai waktu berangkat, jalan-jalan, membeli oleh-oleh, dan lain-lain.

Dengan demikian travelling kamu akan tertata rapi dengan tidak melewatakan satupun tempat yang ingin kamu kunjungi.

 

 3. Perkiraan Jumlah Pengeluaran dan Segera Tukar Rupiah Kamu di Moneychanger Pilihan

Selanjutnya, agar travelling kamu berjalan sesuai harapan ada baiknya kamu juga memperkirakan biaya pengeluaran. Dengan demikian cari tahu sebelumnya mengenai biaya makan, tiket masuk tempat wisata, harga oleh-oleh yang ingin kamu beli, dan lain-lain.

Setelah itu tentu akan terlihat gambaran pengeluaran yang dibutuhkan selama travelling. Jika sudah, segera siapkan dana rupiah Anda dan tukarkan dengan mata uang negara tujuan kamu di moneychanger pilihan dan terpercaya.

 

4. Bahasa Inggris

Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris bisa menjadi modal penting bagi kelancaran jalan-jalan kamu dalam berkomunikasi. Dengan demikian ada baiknya mempersiapkan kemampuan bahasa Inggris kamu atau carilah tour guide yang bisa membantu kamu.

 

5. Siapkan Akomodasi Sebelum Pemberangkatan

Agar tidak ribet sesampainya di negara tujuan, apalagi jika ini pertama kalinya kamu jalan-jalan ke luar negeri, ada baiknya kamu sudah menyiapkan penginapan dengan booking penginapan sebelum pemberangkatan.

Kamu bisa melakukan booking penginapan kamu di beberapa aplikasi pemesanan tiket online seperti traveloka, tiket.com dan lain-lain.

 

6. Perbanyak Mencari Tahu Tentang Cuaca, Budaya dan Sosial di Negara Tujuan

Persiapan lainnya yang perlu kamu cari tahu dari jauh-jauh waktu adalah bertanya dan menggali informasi mengenai perkiraan cuaca di negara yang akan kamu tuju. Hal ini sangat penting agar kamu tidak salah membawa busana.

Jangan lupa untuk mempelajari budaya, sosial hingga lingkungan orang-orang di sekitar negara yang kamu tuju. Dengan demikian kamu bisa meminimalisir culture shock sesampainya di sana.

 

7. Aktifkan Jaringan Seluler Luar Negeri Sesuai Kebutuhan

Komunikasi tentunya sangat penting apalagi bagi kamu yang berencana travelling ke luar negeri. Dengan demikian segera aktifkan jaringan seluler internasional kamu 1-2 hari sebelum keberangkatan. Kamu bisa memesan paket jaringan internasional kamu sesuai kebutuhan dari estimasi waktu kamu selama di negara tujuan.

Jangan lupa bawa colokan listrik universal supaya bisa charge smartphone dan perangkat elektronik lainnya, karena di negara lain memiliki port colokan yang tidak sama dengan di Indonesia, sehingga diperlukan sebuah alat yang biasa disebut juga dengan universal adapter.

Jadi, liburan kamu juga akan terjamin kelancaran komunikasinya baik bersama teman-teman kamu yang ikut travelling atau bersama keluarga kamu yang berada di Indonesia.

Demikian 7 hal yang perlu kamu siapkan saat ingin travelling ke luar negeri. Jangan lupa siapkan semuanya dari jauh-jauh hari.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan have fun!.

You may also like