Home Travel Story 6 Hal yang Harus Kamu Siapkan Saat Hendak Travelling dengan Balita

6 Hal yang Harus Kamu Siapkan Saat Hendak Travelling dengan Balita

by 8qmaf
Travelling dengan Balita

Jalan-jalan ke luar negeri tentunya membutuhkan persiapan yang lebih banyak dibandingkan dengan jalan-jalan ke luar kota, mulai dari sibuk mempersiapkan baju, obat-obatan, dokumen-dokumen, hingga sibuk mencari jasa pengurusan visa jika kita tidak punya waktu untuk mengurusnya sendiri.

Terlebih, jika kamu berniat membawa balita kamu berjalan-jalan bersama dimana persiapan yang harus tersedia akan lebih banyak lagi. So, jangan sampai kamu kebingungan di negeri orang saat ada keperluan anak kamu yang tertinggal dan tidak tersedia di negara tujuan kamu. Wih kebayangan kan pusingnya?

Nah oleh sebab itu, buat kamu yang ingin jalan-jalan ke luar negeri dengan balita kamu, pastikan kamu menyiapkan 6 hal ini terlebih dahulu:

 

1. Imunisasi

Imunisasi sebelum berangkat jalan-jalan ke negara  tujuan adalah hal penting yang perlu kamu laksanakan. Fungsi dari imunisasi ini adalah untuk menjaga kekebalan tubuh kamu dan pasangan kamu dari penyakit. Hal ini mengingat cuaca dan kondisi negara kita tentunya berbeda dengan negara tujuan sehingga perlu antisipasi, apalagi balita cenderung lebih sensitif.

Tetapi  imunisasi ini tergantung ke negara mana kamu akan pergi. Karena imunisasi umumnya diwajibkan jika kamu hendak jalan-jalan ke negara di luar Asia. Namun untuk lebih pasti lagi ada baiknya kamu tetap konsultasikan hal ini dengan dokter jauh hari sebelum keberangkatan, atau memberikan vitamin daya tahan tubuh anak (jika usia sudah memungkinkan) sebagai suplemen pendukung untuk menjaga kesehatan si anak.

 

2. Beritahu Anak Tentang Proses yang Harus Dilaluinya di Kantor Imigrasi dan Kebudayaan Negara Tujuan

Selanjutnya, bagi kamu yang ingin membawa anak jalan-jalan ke luar negeri, ada baiknya kamu memberikan pemahaman kepada anak kamu tentang proses perjalanan ke luar negeri yang perlu dilaluinya. Beberapa kantor imigrasi tertentu terkadang memberikan banyak pertanyaan kepada anak kamu yang bisa saja membuatnya kaget jika tidak kamu beritahu terlebih dahulu

Selain itu, penting juga buat kamu memberikan pengetahuan kepada anak kamu tentang perbedaan budaya di negara yang kamu tuju. Dengan cara ini anak juga akan lebih antisipasi.

 

3. Bawa Segala Perlengkapan Anak

Hal lainnya yang perlu kamu siapkan saat ingin berjalan-jalan ke luar negeri bersama balita adalah memastikan semua perlengkapannya sudah kamu siapkan. Contohnya seperti pakaian yang disesuaikan dengan iklim yangs edang berlangsung disana, kayu putih, alat mandinya hingga obat-obatan.

 

4. Bawa Stok Makanan dan Mainan Kesukaan Anak

Membawa makanan dan mainan kesukaan anak juga penting kamu siapkan agar jika anak menginginkan makanan atau mainan kesukaannya kamu sudah dari jauh-jauh hari menyiapkan. Kita tentunya tahu bukan bahwa mood anak sering berubah-ubah? Selain itu belum tentu pula anak menyukai makanan yang tersedia di negara tujuan kamu. So, untuk mencegah anak rewel, bawa saja cemilan dan makanan kesukaan anak kamu.

Apalagi saat ini sudah toko online atau marketplace yang menjual makanan untuk bayi seperti Milna bubur bayi, makanan mpasi, susu bayi, dan perlengkapan lainnya seperti popok, shampo, hingga vitamin.

 

5. Buatlah Rowndown Perjalanan dan Hindari Terlalu Banyak Tempat

Membuat rundown perjalanan sangat penting dipersiapkan apalagi jika kamu akan menyertakan anak dalam perjalanan kamu. Pastikan tidak terlalu banyak tempat yang kamu kunjungi. Cukup 2 tempat maksimal dalam satu hari, karena jalan-jalan membawa anak tentunya akan lebih melelahkan.

 

6. Asuransi

Setiap orang tentunya mengharapkan perjalanannya lancar dan menyenangkan. Tetapi kita tentu tidak tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Disinilah peran asuransi menjadi hal penting lainnya yang perlu kamu siapkan ketika memutuskan berjalan-jalan ke luar negeri. Dengan demikian jika hal yang tidak diinginkan terjadi di negara orang, kamu, pasangan kamu dan anak kamu tetap terjamin keselamatannya.

Nah, itulah 6 hal yang sangat penting disiapkan saat akan travelling ke luar negeri membawa anak khususnya balita. Jangan lupa untuk tetap kerjasama dengan pasangan, agar kamu tidak kerepotan sendiri mengurus persiapan keberangkatan kamu. So, happy travelling ya…

You may also like