Home Travel Story 5 Alasan Memilih Kuliah di Jerman daripada Negara Sendiri

5 Alasan Memilih Kuliah di Jerman daripada Negara Sendiri

by 8qmaf
5 Alasan Memilih Kuliah di Jerman daripada Negara Sendiri

Kuliah di luar negeri bagi orang Indonesia pasti terkesan mahal. Jauh sudah pasti masalah biaya kerap kali menjadi pertimbangan yang sangat besar. Belajar di negara orang akan membuka wawasan dan kesempatan kerja lebih luas lagi. Jika kamu ingin mengembangkan ilmu maka negara Jerman bisa menjadi pilihan terbaik.

Setiap tahunnya jumlah mahasiswa internasional yang masuk ke Jerman untuk bersekolah selalu meningkat. Pemerintah Jerman bahkan menerima dengan tangan lebar bagi seluruh mahasiswa yang ingin menimba ilmu.

Negara yang memiliki sejarah panjang ini memiliki gaya hidup klasik hingga modern berdampingan. Apa yang membuat negara Jerman begitu terkenal dengan pendidikannya? Berikut ini alasan banyak mahasiswa yang memilih Jerman untuk melanjutkan studi.

5 Alasan Memilih Kuliah di Jerman daripada Negara Sendiri
5 Alasan Memilih Kuliah di Jerman daripada Negara Sendiri

Biaya kuliah yang murah hingga gratis

Kuliah di Indonesia terasa sangat mahal khususnya untuk jurusan-jurusan tertentu seperti kedokteran. Biaya ratusan juta rupiah harus dipersiapkan untuk kuliah selama empat tahun. Namun hal tersebut tidak berlaku di Jerman karena pemerintah di sana telah membebaskan biaya kuliah sejak tahun 2014.

Semua mahasiswa internasional yang bersekolah di universitas negeri bebas biaya kuliah. Cukup dengan biaya administratif sebesar 250 euro per semesternya atau sekitar 3 jutaan. Mulai dari tahun 2014 jumlah mahasiswa yang masuk ke Jerman untuk sekolah meningkat hingga 35%.

Bersekolah di universitas ternama

Bukan hanya murah namun Jerman menyediakan pendidikan dengan standar internasional bahkan lebih tinggi. Terdapat 429 universitas negeri yang berdiri sesuai data tahun 2018 dan banyak diantaranya menjadi universitas terbaik di dunia dalam beberapa aspek.

Pendidikan yang didapatkan oleh siswa ini sangat berkualitas. Membuat mereka memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan akademik hingga setelah selesai bersekolah. Lebih penting lagi semua fasilitas yang disediakan aman dan nyaman.

Mendapatkan visa pelajar

Apabila kamu telah mendapatkan surat diterima di universitas Jerman maka selanjutnya adalah mengurus visa pelajar. Visa ini diurus di kedutaan Jerman di Indonesia. Apa kelebihan dari visa pelajar di Jerman? Kamu bisa memiliki kesempatan untuk tinggal di Jerman lebih dari 90 hari.

Selain tinggal di Jerman dengan menguasai bahasa Jerman tentunya, visa ini juga bisa digunakan untuk mengunjungi seluruh area Schengen. Area ini adalah 26 negara Eropa seperti Norwegia, Swiss, Iceland dan lain sebagainya. Keuntungan ini sama saja seperti kamu telah menjadi warga uni Eropa.

Banyak pilihan bidang studi

Memiliki banyak universitas juga jurusan atau bidang studi yang akan dipilih. Berbagai macam jurusan ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing ilmu yang ingin dipelajari oleh mahasiswa. Sebagai negara industri yang maju, Jerman telah melakukan investasi banyak di bidang ilmu teknik.

Bahkan tidak hanya bidang studi lama saja yang dipelajari, banyak bermunculan jurusan baru yang menyesuaikan kebutuhan. Semua jurusan ini berhubungan dengan peningkatan ilmu pengetahuan alam. Semua bidang diajarkan oleh profesional di bidangnya.

Biaya hidup yang terjangkau

Tidak hanya biaya kuliah saja yang bisa menjadi pertimbangan besar namun juga biaya hidup. Selama tinggal di Jerman biaya hidup bisa sangat terjangkau jika kamu memiliki gaya hidup teratur. Biaya akan berbeda di setiap kota dan akomodasi menjadi budget besar yang harus dipikirkan sejak awal.

Jangan khawatir karena banyak universitas yang menyediakan asrama. Jika ingin menyewa apartemen, kamu bisa melakukannya bersama teman untuk meringankan biaya. Sedangkan untuk biaya konsumsi, trasnportasi dan kebutuhan lain bagi mahassiwa cukup terjangkau.

You may also like