Home Travel Story 4 Hal Khas Belitung Yang Tidak Kamu Temukan Di Daerah Manapun

4 Hal Khas Belitung Yang Tidak Kamu Temukan Di Daerah Manapun

by 8qmaf
4 Hal Khas Belitung

Belitung salah satu destinasi yang masuk dalam list perjalanan favorit bagi para wisatawan dan traveller. Kepulauan yang memiliki deretan pantai – pantai yang keren, dan juga indah. Terkenalnya Belitung dimulai dari salah satu film karya Andrea Hirata yaitu Laskar Pelangi, yang menjadikan icon beberapa tempat yang sekarang menjadi destinasi wajib dikunjungi jika kamu berlibur ke Belitung. Namun ada beberapa hal yang tidak bisa kamu temukan dimana – mana yang hanya ada di Belitung, ini dia khas Belitung yang wajib kamu tahu.

1.Mie Belitung/ Mie Atep

Salah satu kuliner khas yang dimiiliki oleh Belitung yaitu Mie Atep. Makanan yang sudah menjadi legendaris ini sudah dijual sejak tahun 1973. Makanan yang selalu membuat lidah kamu tergoda, karena 1 mie dengan bumbu yang meresap dan diberikan dengan campuran kentang, ketimun, emping, udang yang rasanya pastinya akan menjadi mantap.

2.Museum Andrea Hirata

Banyak kata dan juga kalimat yang bisa kamu temukan disini, dan kamu seperti di ajak ke dunia Andrea Hirata. Museum Andrea Hirata adalah destinasi yang berisi kata – kata atas karya dari penulis novel Laskar Pelangi ini . Yang di desain dengan hiasan – hiasan yang unik, berwarna – warni seakan memberikan kesan hidup bagi siapapun yang melihatnya. Berkelilinglah di museum ini, setelah puas kamu bisa mencoba kopi khas Belitung dan pisang goreng yang begitu nikmat yang berada seakan seperti dapur di dalam museum ini.

3 . Batu Satam

Batu Satam yang berarti adalah batu hitam bagi warga setempat di Belitung memang hanya bisa ditemukan di Belitung. Batu ini meski berwarna hitam namun bersinar dan semakin bersinar apabila di poles terus. Boleh jadi ketika musim batu akik, orang – orang berlomba untuk mencari batu satam ini. Batu Satam terbentuk karena proses alam akibat tabrakan meteor dan  dari sebuah reaksi tertentu yang mengandung kandungan timah tinggi.

4. Warung Kopi Kong Djie

Warung Kopi Kong Djie sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu, salah satu tempat kopi yang khas asli Belitung yang harus kamu datangi ketika sedang berlibur di Belitung. Di tambah dengan pisang goreng, yang pastinya akan menambah kenikmatan kamu ketika sedang mengisi waktu bersama teman – teman untuk sekedar berbicara. Kamu bisa menemukannya di Jalan Sijuk, Air Merbau, Tj Pandan, Kabupaten Belitung.

You may also like