Home Tips 5 Tips Mengatur Keuangan untuk Para Mahasiswa

5 Tips Mengatur Keuangan untuk Para Mahasiswa

by 8qmaf
Mengatur Keuangan untuk Para Mahasiswa

5 Tips Mengatur Keuangan untuk Para Mahasiswa. Keuangan adalah suatu hal yang krusial terutama bagi para mahasiswa yang tinggal jauh dari orang tua. Mereka dituntut untuk bisa mengatur uang saku yang diberikan setiap bulannya sebaik mungkin. Mengatur keuangan adalah hal yang tidak mudah bagi sebagian orang dan sering kali mereka justru merasa kekurangan dengan uang yang ada. Hal ini bisa terjadi jika mereka tidak dapat menggunakan dan mengatur uang tersebut dengan baik.

Apabila uang saku tersebut tidak digunakan dengan bijak, bukan tidak mungkin uang tersebut akan habis sebelum waktunya. Selain itu, jika hal semacam ini terjadi terus-menerus tentu akan sangat berpengaruh di masa yang akan datang. Maka dari itu, untuk para mahasiswa harus bisa memanfaatkan masa perkuliahan ini untuk belajar banyak hal, termasuk mengatur keuangan. Berikut ini ada 5 tips mengatur keuangan yang dapat diterapkan oleh para mahasiswa, di antaranya:

Disiplin dalam Menabung

Tips mengatur keuangan yang pertama adalah dengan disiplin dalam menabung, yang sebenarnya sudah diajarkan sejak lama oleh para orang tua saat anaknya masih kecil. Namun, seiring berjalannya waktu menabung sering kali tidak dilakukan dan dilupakan. Menabung harus dilakukan kembali oleh mahasiswa karena akan sangat bermanfaat dikemudian hari. Disiplin dalam menabung setiap bulannya saat menerima uang saku dari orang tua adalah langkah investasi kecil yang terbaik.

Berbelanja sesuai dengan Kebutuhan

Mahasiswa juga perlu belajar berbelanja sesuai dengan apa yang dibutuhkan bukan yang diinginkan. Hal semacam ini juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya yang mendorong mereka untuk membeli barang yang tidak perlu. Gaya hidup yang cenderung hedonis dan konsumtif ini yang membuat mereka membeli barang-barang yang tidak begitu penting dan bertujuan untuk gaya di hadapan banyak orang.

Mencatat Pengeluaran tiap Bulan

Tips mengatur keuangan yang berikutnya adalah mencatat biaya yang sudah dikeluarkan setiap bulannya perlu dilakukan oleh setiap mahasiswa. Saat mencatat pengeluaran setiap bulan tentu mereka bisa tahu untuk apa saja uang saku yang didapatkan pada bulan tersebut. Biaya yang dicatat diusahakan untuk selengkap atau sedetail mungkin, mulai dari biaya indekos, makan, transportasi, bahkan hingga keperluan ketika kuliah.

Mendaftar Barang yang Dibutuhkan

Tips yang satu ini masih berkaitan dengan yang sebelumnya, membuat daftar kebutuhan barang yang akan dibeli. Hal ini adalah langkah awal untuk bisa mengatur pengeluaran dengan baik setiap bulannya. Daftar barang tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap bulannya, dengan cara ini pencatatan biaya pengeluaran pun akan lebih mudah. Selain ini, daftar tersebut dapat dijadikan sebagai acuan agar mereka tidak membeli barang di luar daftar tersebut.

Menggunakan Aplikasi Pengatur Keuangan

Tips mengatur keuangan yang terakhir dan dapat diterapkan oleh semua mahasiswa adalah menggunakan aplikasi pengatur keuangan. Salah satu pilihan aplikasi yang juga direkomendasikan oleh banyak orang adalah aplikasi Cashbac. Aplikasi yang satu ini dapat digunakan untuk belanja, membayar, dan juga mendapatkan cashback dari berbagai toko secara langsung tanpa adanya syarat yang berlaku.

Mahasiswa biasanya memiliki kesibukan baik di dalam ataupun di luar kampus. Apabila sudah sibuk seperti ini tentu sesekali butuh yang namanya refreshing atau sekedar jalan-jalan keluar. Tujuan yang paling sering dipilih adalah tempat makan, kedai kopi, dan masih banyak lagi. Nah, dengan menggunakan Cashbac ini mereka bisa mendapatkan cashback dari tempat yang dikunjungi. Tentu saja cashback tersebut membantu mahasiswa untuk bersenang-senang tetapi tetap bisa berhemat.

Sampai di sini 5 tips mengatur keuangan untuk para mahasiswa yang dapat disampaikan. Selain itu, Cashbac juga kerap membagikan banyak informasi terkait tips keuangan dan juga informasi cashback lainnya. Gunakan informasi dan aplikasi Cashbac sebaik mungkin kemudian rasakan manfaatnya.

You may also like