Home Tekno Sering Digunakan oleh Jasa Live Streaming, Begini Cara Live-Stream di YouTube

Sering Digunakan oleh Jasa Live Streaming, Begini Cara Live-Stream di YouTube

by 8qmaf
Sering Digunakan oleh Jasa Live Streaming, Begini Cara Live-Stream di YouTube

Bukan rahasia lagi kalau YouTube menjadi salah satu platform yang paling diminati untuk menyaksikan konten audio visual. Selain memposting video, YouTube juga menyediakan fitur live streaming kepada para penggunanya. Dengan begitu, konten kreator bisa menyiarkan secara langsung kontennya sekaligus berinteraksi dengan subscriber.

Lebih jelasnya, konten yang disiarkan melalui fitur live streaming biasanya tidak dilakukan proses editing terlebih dahulu. Adapun, untuk melakukan live streaming di YouTube bisa dengan cara berikut ini:

1. Download Software Broadcaster

Sebelum memulai live streaming, download dan instal terlebih dahulu software broadcaster. Salah satu software yang sering digunakan para konten kreator untuk live streaming adalah OBS Studio. Software ini dapat digunakan untuk PC dengan sistem operasi Windows dan Apple.

2. Buka YouTube

Setelah menginstal software broadcaster, kini saatnya untuk membuka YouTube lalu masuk ke pengaturan Live Streaming Dashboard. Kemudian, masukan judul dan deskripsi dari konten yang akan disiarkan. Sama seperti konten yang diposting, konten live streaming juga perlu diberi judul dan deskripsi.

3. Buka Software Broadcaster

Jika sudah menginstal OBS Studio yang merupakan software broadcaster, kini waktunya membuka dan melakukan pengaturan. Setelah tampilan OBS Studio terbuka, klik menu streaming lalu klik streaming server. Jika ingin lebih memodifikasi konten yang akan disiarkan seperti yang sering dilakukan jasa live streaming, bisa diatur seberapa besar suara yang akan dihasilkan. Kemudian, bisa juga mengatur transisi scene jika diperlukan

4. Masukan Stream Key YouTube

Setelah melakukan pengaturan pada OBS Studio, selanjutnya masukan stream key dan URL yang terdapat pada Yutube Studio. Pilih menu stream, lalu copy paste stream key dan URL dari YouTube Studio. Setelah itu, klik OK dan ikuti langkah berikutnya dengan mengklik pilihan ‘Add Scene’.

5. Beri Nama Scene dan Mulai Streaming

Scene yang telah ditambahkan sebaiknya diberi nama untuk menandakan pengaturan konten yang akan disiarkan dan akan menjadi pembeda jika masih ingin melakukan live streaming selanjutnya. Tanpa memasukan nama, penamaan akan dilakukan secara otomatis seperti scene 1, scene 2, dan seterusnya. Setelah itu, klik pilihan ‘Start Stream’ yang berada pada bagian kanan atas.

Demikianlah cara live streaming di YouTube. Pada dasarnya konsep live streaming YouTube sama seperti siaran live televisi, jadi konten kreator hanya perlu mengaktifkan kamera dan mengatur background dari video jika diperlukan. Selain itu, live streaming juga bisa digunakan untuk menayangkan perdana sebuah film pendek.

You may also like