Home Tekno Mudah, Inilah Cara Membuka WA yang Diblokir Agar Bisa Digunakan Kembali

Mudah, Inilah Cara Membuka WA yang Diblokir Agar Bisa Digunakan Kembali

by 8qmaf
Mudah, Inilah Cara Membuka WA yang Diblokir Agar Bisa Digunakan Kembali

Contoh masalah yang bisa dialami oleh pengguna WhatsApp adalah diblokirnya akun. Terdapat dua jenis pemblokiran, yaitu yang dilakukan orang lain sehingga pengguna tidak bisa mengirimkan pesan serta diblokir oleh pihak WA sendiri. Masalah ini dapat diatasi dengan cara membuka WA yang diblokir. Ada dua jenis cara, yaitu untuk mengatasi WA yang diblokir sistem dan yang diblokir oleh pengguna lain melalui tahapan singkat berikut:

Membuka WA yang Diblokir Sistem

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan akun WA diblokir oleh sistem, misalnya memakai WA yang tidak resmi yang kualitasnya rendah. Apabila terlanjur diblokir oleh sistem, umumnya pengguna tidak bisa memakainya untuk 48 jam. Meski demikian, ada cara yang bisa dicoba untuk mengaktifkan kembali akun tersebut jika perlu untuk segera menggunakannya, seperti berikut:

1. Back Up Data

Lakukan backup data yang terdapat di WA tidak resmi agar chat tidak hilang. Caranya dengan memilih tombol tiga titik kemudian pilih “Settings”, “Chats”, lalu “Chat Backup”, kemudian “Google Account”. Login memakai akun Gmail pada akun tersebut lalu pilih “Backup” untuk memulai.

2. Unduh & Login ke WhatsApp

Unduh aplikasi WhatsApp original melalui Play Store, atau GB WhatsApp melalui website yang kredibel misalnya suratkabar.id. Setelah terinstal, jalankan aplikasinya kemudian login menggunakan nomor lama yang biasanya digunakan untuk akun WA. Berikutnya restore backup yang sudah tersimpan di Google Drive. Cara membuka WA yang diblokir berikutnya yaitu login memakai akun Gmail yang tadi dipakai untuk backup chat.

Setelah berhasil terhubung menuju Google Drive tersebut, segera restore data untuk mengembalikan chat yang sudah disimpan tadi. Tunggu sampai prosesnya selesai, maka datanya sudah berpindah dan bisa memakai apps WA seperti biasanya.

Membuka WA yang Diblokir Orang Lain

Ada kalanya WA diblokir oleh orang lain. Beberapa penyebab yang mungkin terjadi misalnya terlalu banyak mengirim pesan spam, sering mengundang ke grup tidak dikenal, hingga memakai WA untuk keperluan negatif bahkan ilegal. Meski begitu, ada cara yang dapat dilakukan untuk membuka blokirannya seperti berikut:

1. Mengganti Nomor

Buka WhatsApp, lalu masuk ke menu “Pengaturan” melalui tombol tiga titik. Pilih “Akun”, kemudian “Ganti Nomor”. Pada halaman ini pengguna akan diminta untuk mengetikkan nomornya. Trik yang akan digunakan adalah modifikasi nomor. Ketikkan nomor WA yang dipakai saat ini pada kolom pertama.

Di kolom kedua, ketikkan lagi nomor yang dipakai namun tambahkan angka 0 sampai 9 pada akhirannya. Sebagai contoh, nomornya adalah 08112233445. Pada bagian akhiran tambahkan angka 0 sehingga menjadi 081122334450. Angka tersebut dipakai untuk memodifikasi nomor. Kemudian tekan “Lanjut”.

2. Meminta Kode Verifikasi

Perhatikan notifikasi yang dikirimkan oleh WhatsApp. Pihak WA akan melakukan konfirmasi tentang kepastian untuk merubah nomor. Pengguna akan diberi pilihan, ingin memberitahu pengguna lain atau tidak mengenai pergantian nomornya. Berikutnya tekan “Selesai”. Selanjutnya WA akan meminta pengguna untuk mengetikkan kode verifikasi.

Jangan meminta kode ini untuk dikirimkan dari SMS, karena tidak akan masuk. Tunggulah hingga hitungan mundur yang tersedia berakhir. Cara membuka WA yang diblokir berikutnya adalah memilih opsi “Panggil Saya” setelah hitungannya selesai. Tunggu beberapa saat, maka WA akan menghubungi dan memberi kode verifikasinya.

3. Menyelesaikan Perubahan Nomor

Masukkan kode verifikasi yang didapatkan dari telepon tadi. Selanjutnya pengguna akan menerima notifikasi jika penggantian nomor berhasil. Blokiran dari pengguna lain yang tadinya memblokir sudah bisa terbuka. Apabila masih gagal, pengguna bisa kembali menuju langkah nomor 1 dan mengganti angka terakhirnya memakai angka lain misalnya 7, 8, 4, dan seterusnya.

Itulah pembahasan mengenai cara membuka WA yang diblokir orang lain ataupun sistem WhatsApp. Blokir tentu sangat mengganggu aktivitas pemakaian WhatsApp, oleh karena itu pengguna perlu memanfaatkan berbagai fitur aplikasi ini dengan bijak dan bertanggung jawab.

You may also like