Home Tekno Mengetahui Rumus Excel Menghitung Jumlah Data

Mengetahui Rumus Excel Menghitung Jumlah Data

by 8qmaf
Mengetahui Rumus Excel Menghitung Jumlah Data (support.microsoft.com)

Pada rumus Excel terdapat fungsi COUNTIFS yang dapat dipakai untuk mengetahui jumlah data atau sel yang telah memenuhi kriteria. Di sini akan kita bahas secara lebih rinci mengenai rumus Excel menghitung jumlah data.

Menghitung jumlah sel disini tidak sama dengan menjumlah dengan menggunakan fungsi SUM atau varian lainnya. Menjumlah sel disini adalah menghitung jumlah sel yang mempunyai nilai atau sesuai dengan kriteria tertentu.

Rumus Excel Menghitung Jumlah Data

Fungsi COUNTIF dapat digunakan sebagai rumus Excel guna menghitung jumlah data yang sama, menghitung jumlah sel yang terisi, menghitung jumlah angka akan tetapi dengan kriteria tertentu, menghitung teks yang terdiri dari teks tertentu dan lain sebagainya.

Rumus atau fungsi countif digunakan untuk menghitung jumlah sel pada sebuah range data yang telah memenuhi kriteria tertentu serta syarat tunggal yang anda tentukan.

Fungsi Excel satu ini intinya memiliki manfaat yang sama dengan fungsi COUNT yakni untuk menghitung banyaknya data. Yang membedakan pada fungsi COUNTIF, banyaknya data yang akan dihitung sesuai dengan kriteria, kondisi serta syarat tertentu.

Cara Menggunakan Fungsi COUNTIF

Dalam rumus Excel menghitung jumlah data, mengenai teknik atau cara menggunakan fungsi COUNTIF adalah sebagai berikut: COUNTIF (Range: Kriteria). Dari teknik tersebut dapat kita pahami bahwa fungsi ini memiliki dua argumen yakni :

Range

Merupakan satu atau sejumlah sel yang akan dihitung, yang terdiri dari angka atau nama range, array atau acuan yang meliputi angka-angka.

Kriteria

Dapat dalam bentuk angka, acuan sel, string teks atau ekspresi logika sebagai kondisi atau syarat sel yang akan dihitung.

Pada fungsi COUNTIF juga dapat digunakan untuk menyeleksi kondisi hanya dengan mengambil dari satu kata dalam satu kalimat. Dengan menggunakan karakter (*) sebagai argumen dari kriteria yang diharapkan.

Cara Menggunakan Fungsi COUNTIFS

COUNTIF dan COUNTIFS merupakan satu kata dengan pengucapan yang sama akan tetapi mempunyai fungsi yang jauh berbeda. Fungsi COUNTIF merupakan sebuah formula Excel yang dapat anda gunakan untuk menghitung data dengaan dua kriteria sekaligus.

Pada umumnya ditulis seperti = COUNTIFS (criteria_range1, criteria 1, criteria_range2, criteria2)

  • Criteria_range 1 merupakan kondisi sel atau jumlah data pada sel tertentu pertama yang akan dihitung.
  • Criteria 1 merupakan kriteria atau kondisi pertama yang akan dihitung.
  • Criteria_range2 ialah jumlah data sel atau kondisi pada sel tertentu kedua yang akan dihitung.
  • Criteria1 adalah kondisi atau kriteria kedua yang akan dihitung.

Cara Menggunakan Rumus COUNTIF

Kriteria teks atau kriteria jenis apapun yang meliputi beberapa aspek simbol ekspresi logika atau matematika, maka harus disertakan dalam tanda kutip ganda (“….”). Apabila kriteria adalah numerik maka tanda kutip ganda tidak perlu digunakan.

Kriteria sel yang sanggup diterapkan pada fungsi COUNTIF hanya untuk satu sel saja. Jika anda menghendaki penerapan syarat sel yang akan dihitung lebih dari satu makna maka gunakanlah fungsi countifs.

Sedangkan untuk kriteria yang dalam bentuk teks anda sanggup menambahkan huruf Tanda tanya (?) maupun tanda bintang (*) yang menyerupai pada penerapan fungsi-fungsi lainnya. Tanda tanya (?) mewakili 1 huruf teks, sedangkan mengenai tanda bintang (*) dengan mewakili banyak huruf teks.

Setelah mengetahui serta memahami rumus Excel menghitung jumlah data di atas, sebenarnya anda dapat menggunakan fungsi count atau pun fungsi countifs. Kedua fungsi Excel tersebut merupakan fungsi statistik pada Excel. Yang memiliki tujuan untuk memudahkan anda dalam membuat data statistik sesuai dengan kriteria yang anda inginkan.

 

You may also like