Home Tekno Inilah Cara Install Android Studio yang Sangat Penting untuk Diketahui

Inilah Cara Install Android Studio yang Sangat Penting untuk Diketahui

by 8qmaf
Cara Install Android Studio

Inilah Cara Install Android Studio yang Sangat Penting untuk Diketahui –  Android merupakan salah satu jenis perangkat yang saat ini memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak. di dalamnya Anda bisa mendapatkan kemudahan melalui berbagai aplikasi serta sistem atau pemrograman. Sebenarnya untuk membuat program pada Android Anda juga bisa membuatnya sendiri.

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih hal ini sangat mungkin untuk dilakukan. Salah satu keuntungannya ialah dapat memberikan kemudahan bagi setiap penggunanya. Untuk bisa melakukan hal ini anda perlu menggunakan sebuah sistem bernama Android Studio.

Istilah ini memang masih cukup asing di telinga masyarakat awam karena biasanya mereka akan menerima program siap guna. Namun, Anda bisa melakukan cara install Android studio agar pemrograman pada Android bisa Anda rancang sendiri. Meng-install sistem ini menjadi hal yang utama agar sistem tersebut bisa digunakan.

Sebelum meng-install sistem ini terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama-tama Anda perlu memperhatikan spesifikasi berdasarkan jenis perangkat. Spesifikasi yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Windows

  • Windows 7/8/10 (32- or 64-bit)
  • 8 GB RAM recommended
  • 4 GB RAM minimum
  • 4 GB Recommended (500 MB for IDE + 1.5 GB for Android SDK and emulator system image)
  • 2 GB of available disk space minimum,
  • 1280 x 800 minimum screen resolution

Mac

  • Mac OS X 10.10 (Yosemite) atau lebih, maksimal 10.14 (macOS Mojave)
  • 8 GB RAM recommended
  • 4 GB RAM minimum
  • 4 GB Recommended (500 MB for IDE + 1.5 GB for Android SDK and emulator system image)
  • 1280 x 800 minimum screen resolution
  • 2 GB of available disk space minimum,

Sebelum melakukan cara install Android studio yang utama Anda harus memastikan perangkat Anda minimal memenuhi beberapa syarat spesifikasi seperti yang disebutkan sebelumnya. Spesifikasi tersebut cukup mempengaruhi sistem tersebut agar bisa digunakan dengan lancar.

Setelah spesifikasi tersebut memadai berikutnya Anda bisa mengunduh paket instalasi dari Android Studio tersebut. Isi tanda centang sebagai persetujuan terhadap ketentuan dan persyaratan dari sistem ini. Kemudian unduh paket instalasinya berdasarkan OS yang Anda gunakan.

Untuk bisa mengunduhnya terdapat link khusus yang bisa Anda gunakan. Saat mengakses link tersebut maka akan langsung ditampilkan isian persetujuan tadi pada layar. Pilih tombol unduh atau download dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Anda juga bisa menggunakan panduan pada link www.domainesia.com/.

Jika proses tersebut sudah selesai berikutnya Anda hanya tinggal mengekstrak file instalasi yang terunduh tadi. Hal ini wajib dilakukan jika file tersebut masih berupa Zip. Eksekusi file installer yang terdapat pada folder bin dengan cara klik dua kali atau memanggilnya dari terminal.

Jalankan file installer dari sistem tersebut dengan klik dua kali pada file tersebut. Masuk ke dalam folder Android studio/bin dan klik file studio64.exe  atau studio 32.exe. Setelah itu, untuk cara install Android Studio berikutnya Anda bisa mengikuti panduan wizard yang akan muncul hingga semua proses selesai.

Pada dasarnya untuk bisa melakukan cara install pada beberapa jenis perangkat ialah sama yaitu mulai dari mengunduh paket instalasi hingga mengikuti panduan wizard yang muncul. Perbedaannya pada beberapa jenis perangkat Anda perlu mengekstrak file ke direktori/opt.

Jika Anda masih memiliki versi yang lama, maka Anda bisa mengimpornya terlebih dahulu agar bisa lebih hemat kuota. Anda bisa menerima tawaran data sharing yang ditawarkan oleh Google yang berguna untuk pengembangan sistem di kemudian hari. Untuk cara install Android studio berikutnya klik next maka akan muncul menu untuk mengubah tipe instalasi.

Jika anda masih pemula dalam melakukan cara install Android studio ini maka pilih menu “standar”. Sedangkan jika Anda ingin menggunakan suasana baru maka pilih menu “custom“. Berikutnya, pilih tema UI yang terdiri dari 2 tema bawaan yaitu dracula dan light. Lalu konfirmasi setelan dan detail unduhan.

Cara yang terakhir ialah pilih downloading components yang berarti mengunduh komponen-komponennya. Klik finish dan proses instalasi sudah selesai. berikutnya Anda sudah bisa menggunakan Android studio ini untuk kebutuhan Anda pada perangkat Android. Selamat mencoba. Anda bisa cek selengkapnya di www.domainesia.com/.

 

 

You may also like