Home Tekno Cara Membuat Virtual Background Zoom dengan Canva

Cara Membuat Virtual Background Zoom dengan Canva

by 8qmaf
Cara Membuat Virtual Background Zoom dengan Canva

Zoom merupakan salah satu platform video telekonferensi yang telah banyak digunakan. Pada aplikasi ini tersedia fitur virtual background dan mengizinkan pengguna dalam mengganti latar belakang atau background videonya. Tertarik untuk mencoba membuat background sendiri? Simak ulasan mengenai cara membuat virtual background Zoom berikut ini.

Mengapa Perlu Membuat Virtual Background?

Pada Zoom sendiri sudah tersedia beberapa pilihan gambar yang dapat dijadikan sebagai background, namun jumlahnya terbatas. Selain itu, gambar yang ada memiliki desain yang kemungkinan kurang sesuai dengan kebutuhan.

Oleh karena itu, pada acara virtual tertentu seperti seminar dibuat background khusus. Background tersebut untuk menyeragamkan latar belakang video seluruh pesertanya.

Ini Cara Membuatnya

Untuk membuat virtual background Zoom perlu memiliki aplikasi desain grafis seperti Canva. Pada aplikasi ini sudah ada beberapa template gratis dan dapat diubah sesuai kebutuhan. Nah, berikut ini cara membuat virtual background Zoom menggunakan Canva:

1. Buat Akun Canva

Bila belum mempunyai akun Canva maka buat akun terlebih dahulu. Buka browser internet lalu buat akun Canva yang dapat dilakukan melalui situs https://www.canva.com/. Kemudian klik Sign Up. Sign up dapat melalui akun Google, Facebook, maupun Email. Pilih salah satu saja untuk mendaftarkan akunnya. Setelah itu ikuti langkah-langkahnya hingga selesai.

2. Masuk ke Akun Canva

Tetap berada pada laman Canva, kemudian masuk ke akun Canva. Pengguna cukup klik Log in, lalu pilih salah satu cara untuk login akun canva, sesuai dengan saat membuat akun pada langkah sebelumnya.

Mendesain dengan Canva dapat dilakukan melalui handphone maupun laptop. Selain itu, dapat pula melalui aplikasi Canva maupun web resminya melalui laman web browser.

3. Pilih Template Latar Belakang Zoom

Ketika sudah berhasil login, selanjutnya cara membuat virtual background Zoom ialah mulai untuk mendesain. Dapat menggunakan template latar belakang Zoom atau desain secara mandiri. Klik tombol Create a Design lalu pilih Zoom Virtual Background. Tersedia banyak pilihan background-nya, lalu pilih salah satu saja.

4. Mulai Untuk Mendesain

Setelah template background dipilih, selanjutnya pengguna dapat memulai untuk mendesain. Dapat dengan mengganti warna, jenis font, maupun elemen pendukung lainnya. Masukkan informasi, logo, foto, dll yang telah disiapkan sebelumnya. Pada Canva, pengguna dapat pula membuat background bergerak seperti video atau .gif.

5. Unduh Desain Virtual Background

Apabila background sudah selesai didesain, atur ulang penamaan file dengan cara klik Rename. Kemudian isi nama file sesuai kebutuhan. Cara membuat virtual background pada Zoom selanjutnya adalah mengunduh desain dengan klik tombol Download.

Pilih format file virtual background-nya. Pada Canva tersedia format PNG, JPG, dan PDF, jika desain yang dibuat berupa background bergerak maka pilih format MP4 Video. Lalu pilih format JPG jika ukuran file yang diinginkan tidak terlalu besar.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat virtual background Zoom menggunakan Canva. Mendesain jadi lebih praktis dapat menggunakan laptop maupun handphone, selain itu juga dapat melalui web maupun aplikasi. Dapatkan tutorial aplikasi lainnya di pasca-uinsuska.id.

You may also like