Home Tekno 5 Cara Mengatasi Hp Lemot dengan Mudah

5 Cara Mengatasi Hp Lemot dengan Mudah

by 8qmaf
5 Cara Mengatasi Hp Lemot dengan Mudah

Ponsel atau telepon genggam merupakan benda yang ada di berbagai kegiatan saat ini. Mobilitas yang tinggi tentunya membutuhkan keadaan ponsel yang prima. Namun terkadang ada saja kejadian dimana HP menjadi lemot atau kurang responsif. Melansir dari avandaalvin.com , ada sejumlah cara mengatasi HP lemot dengan mudah. Ulasan ini sejumlah cara mudah agar ponsel atau telepon genggam kamu menjadi lebih responsif dan tidak lemot.

Kejadian saat ponsel tiba-tiba lemot adalah hal yang menyebalkan, apalagi saat penggunaan sedang sangat penting. Butuh keadaan yang cukup cepat untuk mengembalikan kondisi ponsel pada keadaan semula. Oleh karena itu dalam pembahasan ini akan membahas sejumlah cara untuk mengatasi masalah tersebut. Semoga cara ini cocok dan bisa langsung dicoba. Informasi ini didapat dari situs pembahasan perangkat elektronik, berikut cara-cara yang bisa dilakukan:

1. Mengurangi Beban penyimpanan

Cara mengatasi hp lemot yang pertama adalah mengurangi berkas yang disimpan. Hal ini memiliki tujuan untuk membuat penyimpanan sedikit lebih lega. Sejumlah penyebab terjadi nya HP lemot terkadang adalah sistem yang tidak mampu membuka program-program karena memori tidak cukup. Beberapa kejadian bahkan membuat aplikasi yang digunakan tiba-tiba tertutup sendiri. Oleh karena itu penting untuk tetap memberi ruang kosong agar sistem berjalan dengan  baik.

Ponsel yang menjadi lemot karena masalah beban penyimpanan juga bisa diatasi dengan cara lain selain menghapus file. Pengguna bisa menambahkan kartu penyimpanan eksternal pada ponsel. Memang tidak semua ponsel bisa ditambah penyimpanan internal nya, namun cara ini bisa digunakan untuk beberapa jenis ponsel.

Baca juga : Download Background Eraser Pro Mod Apk

2. Bersih-Bersih Aplikasi

Secara tidak sadar kadang pengguna ponsel sering mengunduh aplikasi-aplikasi menarik yang belum tentu berguna atau digunakan. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab memori penuh. Oleh karena itu pengguna bisa mencoba cara mengatasi HP lemot dengan mulai mengatur aplikasi apa saja yang terpasang pada ponsel. Aplikasi yang sudah tidak terpakai selama hampir 3 bulan atau kurang ada baik nya untuk dihapus. Singkatnya gunakan yang benar-benar butuh saja.

3. Jangan Gunakan Widget

Widget memang akan membantu sejumlah tampilan ponsel menjadi lebih enak  dilihat, namun fasilitas ini ternyata juga memakan cukup banyak ruang. Kapasitas penyimpanan untuk tujuan operasional juga akan terganggu, sehingga menyebabkan ponsel kurang responsive. Cara lain juga bisa digunakan adalah langsung menghapus widget setelah digunakan. Jangan sampai penggunaan widget memberatkan beban operasional ponsel.

4. Kembali Ke Pengaturan Pabrik

Ponsel yang sudah digunakan cukup lama dan mengalami lemot maka dapat dicoba untuk mengubah pengaturan awal. Saat ponsel diproduksi dan dipasarkan biasanya sudah ada settingan yang umum yang didapat dari pabrik. Nah, settingan ini biasanya cukup ringan dan sangat kompatibel untuk ponsel tersebut. Settingan ini juga tidak membawa banyak beban memori, karena sudah sesuai dengan standar pabrik. Oleh karena itu pengguna bisa mencoba cara ini jika sudah benar-benar lemot.

5. Tidak Menimbun Sampah

Sampah yang dimaksud dalam pembahasan ini adalah sampah dari proses operasional ponsel. Biasanya ponsel akan memberikan bila sudah ada banyak sampah yang ada dan memberi perintah untuk menghapus. Pengguna sebaik nya sering melakukan penghapusan ini, karena jika menumpuk akan membuat ponsel lebih lemot dan tidak responsif. Kegiatan-kegiatan penting  bisa saja terkendala oleh masalah ini.

Nah, itulah cara mengatasi HP lemot dengan mudah dan bisa langsung dicoba. Cara-cara diatas juga bisa disesuaikan dengan keadaan ponsel saat ini. Data-data penting berupa file dan hal lain juga harus diperhatikan jangan sampai upaya pembersihan juga menyebabkan data tersebut terhapus. Oleh karena itu lakukan cara-cara diatas dengan hati-hati agar ponsel Kembali normal tanpa ada masalah. Akhir kata semoga informasi ini membantu dan selamat mencoba.

You may also like