Home Properti Tips Membangun Rumah Minimalis dengan Biaya 80 Juta

Tips Membangun Rumah Minimalis dengan Biaya 80 Juta

by 8qmaf
Tips Membangun Rumah Minimalis dengan Biaya 80 Juta

Memiliki rumah sendiri tentunya adalah idaman bagi setiap keluarga. Tak terkecuali bagi generasi milenial yang kini memang memasuki usia untuk berkeluarga. Sebelum memiliki rumah, anggaran yang disiapkan juga sangat penting untuk diperhatikan sebelumnya.

Ada 2 cara yang bisa anda lakukan, yaitu membeli rumah jadi ataupun membangun rumah sendiri. Berikut ini adalah artikel yang akan mengulas tips dan hal-hal yang bisa anda lakukan supaya dapat membangun rumah minimalis dengan biaya 80 Juta. 

Cara Membangun Rumah Minimalis Dengan Biaya 80 Juta

Memiliki rumah sendiri dengan biaya sekian bukanlah tidak mungkin. Inilah langkah-langkah yang bisa anda lakukan.

1. Membuat RAB dengan Teliti

Tahap perencanaan merupakan langkah yang cukup krusial dalam proses pembangunan rumah dengan anggaran  80 juta seperti yang anda inginkan. Dalam tahap ini, setidaknya ada 2 hal yang menjadi prioritas utama, yaitu biaya dan berapa banyak material yang akan digunakan. Perencanaan semacam ini biasa disebut dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB).

Buatlah rencana sedetail mungkin sedari awal, Misalnya, berapa ukuran material yang digunakan untuk membangun pondasi rumah. Idealnya, pondasi rumah biasanya memakan biaya seperempat dari seluruh total anggaran. Karena pondasi adalah bagian yang cukup vital untuk menopang keseluruhan rumah anda. Selanjutnya dapat dilanjutkan merencakan tahap yang lain, seperti pemasangan kuda-kuda, atap, dinding, plafon, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan rencana yang matang, anda bisa mencari referensi sebanyak mungkin di internet, atau juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang-orang yang lebih memahami ilmu konstruksi.

2. Batasi Penggunaan Aksesoris yang Berlebih

Karena disini yang menjadi patokan utama adalah ketersediaan dana, maka sebisa mungkin anda harus berhemat bagaimana caranya anda tidak sampai kehabisan dana di tengah proses pembangunan rumah. Salah satu cara yang paling mudah adalah mengurangi hiasan-hiasan hanya mengusung fungsi estetika, dan bisa diganti dengan hal lain yang lebih sederhana dan fungsional.

Adapun ruangan yang bisa anda buat dengan anggaran sebesar 80 juta biasanya terdiri dari 1 ruang tamu, 3 kamar tidur, 1 dapur, dan 1 kamar mandi. Jika anda ingin sekat ruangan yang lebih banyak, anda bisa mengakalinya dengan meletakkan pembatas ruangan yang sifatnya tidak permanen.

3. Perhatikan Bentuk Rumah yang Akan Dibangun

Anggaran 80 juta masih terbilang cukup untuk membangun rumah yang nyaman bagi keluarga anda, asalkan anda pintar memilih model yang sesuai. Sehingga rumah tidak akan terasa sempit dan anda akan betah untuk menghabiskan waktu di dalamnya. Untuk referensi desain rumah yang sesuai, anda bisa mendapatkannya dari internet, atau juga dapat meniru rumah-rumah yang terdapat di kawasan perumahan.

Adapun tipe rumah minimalis yang cocok dengan desain ini, antara lain adalah tipe 21 dan 36. Untuk masalah lahan, anda dapat menyisakan sebagian tanah yang anda miliki supaya memiliki halaman yang cukup sekaligus menghemat anggaran, atau dapat memilih model susun 2 lantai jika memang lahan yang dimiliki terbatas.

Demikianlah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mewujudkan impian membangun rumah minimalis dengan biaya 80 Juta. Semoga bermanfaat, dan jika ingin konsultasi lebih lanjut dengan perusahaan jasa desain rumah minimalis, kamu bisa menghubungi mitrarenov.com di https://www.mitrarenov.com/berita/jasa-desain-rumah-minimalis

You may also like