Home Properti Kenali Bahaya Yang Sering Terjadi Di Tempat Kerja

Kenali Bahaya Yang Sering Terjadi Di Tempat Kerja

by 8qmaf
Bahaya Yang Sering Terjadi Di Tempat Kerja

Beberapa pekerjaan di proyek membutuhkan berbagai alat perlindungan diri untuk para pekerjanya. Hal ini dikarenakan ada banyak bahaya yang terjadi di tempat kerja tersebut. Inilah yang membuat semua pekerjanya harus menggunakan perlengkapan safety di tempat kerja. Perlengkapan safety biasanya terdiri dari beberapa jenis. Mulai dari sepatu safety, helm safety, hingga kacamata safety.

Berbagai macam alat perlindungan diri ini digunakan sesuai jenisnya dan sesuai dengan tingkat bahaya di lokasi kerja tersebut. Pekerjaan yang biasanya membutuhkan alat perlindungan diri ini adalah pekerjaan proyek atau pekerjaan lapangan yang memiliki tingkat kecelakaan kerja yang tinggi. Ada beberapa jenis bahaya yang ada di pekerjaan proyek, seperti

  1. Bahaya Fisik dan Mekanis

Kecelakaan fisik memang sering dialami di tempat kerja. Namun, saat ini telah ada prosedur keamanan sehingga risiko dari bahaya fisik bisa diminimalisir. Bahaya fisik yang sering terjadi adalah jatuh di konstruksi bangunan, terjerat di mesin pabrik hingga ruang pertambangan. Hal yang sering terjadi namun tidak diperhatikan adalah masalah pendengaran yang sering menimpa para pekerja dalam lokasi kerja yang terlalu bising.

  1. Bahaya Kimia dan Biologis

Bahaya ini biasanya terjadi di tempat kerja yang menyimpan bahan kimia. Beberapa jenis bahan kimia yang bisa menyebabkan kecelakaan kerja adalah logam berat, bahsa, pelarut seperti minyak bumi, asap, api dan asber. Bahaya biologis juga sering terjadi dan dipicu oleh bakteri, virus dan jamur.

  1. Bahaya Kerja Ergonomi

Pekerjaan ini pada dasarnya adalah mendesain peralatan, mesin, proses dan tempat kerja yang sesuai dengan kemampuan dan keterbatasan manusia yang menggunakannya. Nah, dalam bidang pekerjaan ini biasanya membutuhkan gerakan yang berulang dan posisi yang menetap selama bekerja. Hal inilah yang bisa menimbulkan cidera. Tidak heran jika konsep ergonomis sering diterapkan dalamm pekerjaan untuk menghindari cidera fisik yang sering terjadi. Gejala yang paling sering muncul pada bahaya ini adalah pegel linu, nyeri sendi dan nyeri pinggang.

  1. Bahaya kerja psikologis

Poin yang satu ini seringnya tidak diperhatikan oleh banyak orang, padahal bahaya ini sering juga terjadi pada para pekerja. Para karyawan bisa mengalami stress akibat lingkungan pekerjaan yang tidak sesuai dengan harapan, rekan kerja atau juga atasan.

Semua jenis pekerjaan memang memiliki risiko kerja yang sama besarnya. Namun, kamu tidak perlu khawatir, kamu akan terhindar dari bahaya dalam bekerja jika kamu menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja. Untuk kamu yang bekerja di proyek, jangan lupa untuk menggunakan alat pelindung diri untuk menjaga keselamatan diri kamu.

You may also like