Home Properti 6 Tips Membeli Apartemen Untuk Pemula Melalui jual-apartemen.com

6 Tips Membeli Apartemen Untuk Pemula Melalui jual-apartemen.com

by 8qmaf
6 Tips Membeli Apartemen Untuk Pemula Melalui jual-apartemen.com

Bagi masyarakat yang akan membeli hunian seperti apartemen, tentunya perlu mengetahui tips membeli apartemen untuk pemula supaya tak salah pilih. Apartemen banyak dipilih untuk alternatif hunian yang ada di kota besar karena ketersediaan lahan yang minim. Selain sebagai hunian, apartemen juga bisa dimanfaatkan sebagai investasi yang menjanjikan.

Masyarakat yang baru pertama kali akan membeli unit sebuah apartemen, tentunya perlu teliti sebelum membeli. Hal tersebut dilakukan agar calon pembeli tidak salah memilih, karena membeli sebuah apartemen bukan hal yang mudah. Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk membeli unit apartemen bagi pembeli pemula:

1. Lokasi Strategis

Calon pembeli disarankan untuk membeli unit apartemen yang mudah diakses, terutama akses untuk ke tempat kerja. Banyak apartemen di kota besar yang jaraknya berdekatan dengan area perkantoran, sehingga membuat pekerja di area tersebut lebih efisien. Hal ini juga mampu menghemat biaya dan waktu yang perlu dikeluarkan oleh penghuni apartemen.

2. Mengetahui Track Record dan Kredibilitas Pengembang

Perlunya pembeli mencari tahu terlebih dahulu tentang kredibilitas dari pengembang, terutama pembeli pemula yang akan membeli unit ketika soft launching. Kebanyakan, unit apartemen yang masih soft launching belum dibangun, maka diperlukan mencari informasi tentang kredibilitas pengembang. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari developer yang berniat melakukan kejahatan, seperti penipuan, pembeli bisa mencari informasi lewat APERSSI.

3. Akses Menuju Fasilitas Umum

Berkaitan dengan tips pada nomor satu, akses menuju fasilitas umum juga perlu diperhatikan ketika memilih apartemen yang akan dibeli. Calon pembeli perlu memeriksa akses menuju fasilitas umum. Seperti akses menuju jalan raya, stasiun, halte bus, dan fasilitas lainnya.

Ini akan memudahkan pembeli ketika akan melakukan aktivitas sehari-hari. Jika akses menuju fasilitas umum tidak terlalu mudah, itu juga akan merugikan pemiliknya. Apartemen dengan akses yang baik, akan menghasilkan nilai investasi yang tinggi.

4. Legalitas Bangunan

Selain mencari tahu tentang kredibilitas dari pengembangnya, calon pembeli juga bisa mencari informasi tentang legalitas bangunan tersebut. Pembeli perlu memastikan jika pengembang telah mendapatkan sertifikat IMB, SIPPT, dan HGB yang diperoleh dari pemerintah setempat.

Tidak hanya berlaku untuk unit apartemen yang baru, untuk pembelian pada unit apartemen lama juga perlu dipastikan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari masalah perizinan bangunan, sehingga pembeli akan nyaman untuk menempatinya.

5. Pakai Jasa Agen Properti Profesional

Bagi masyarakat yang baru pertama kali akan membeli unit apartemen, tentunya hal itu menjadi sesuatu yang akan merepotkan. Tak ada salahnya apabila pembeli memakai jasa dari agen properti yang sudah profesional. Adanya agen akan mengurus segala sesuatu tentang jual beli apartemen.

Agen akan mencari unit apartemen sesuai dengan yang pembeli inginkan, mulai dari fasilitas, lokasi, sampai dengan melakukan negosiasi dengan pengelola. Selain itu, hal yang berkaitan dengan surat yang diperlukan, akan diurus oleh agen properti tersebut.

6. Memilih Sesuai Kebutuhan

Salah satu tips membeli apartemen untuk pemula adalah memilih unit apartemen yang sesuai dengan kebutuhannya. Pastikan semua yang pembeli butuhkan, tersedia di unit apartemen yang akan dipilih. Karena apartemen memiliki tipe yang berbeda.

Pembeli bisa mengunjungi situs jual-apartemen.com untuk mencari tahu apartemen yang sesuai dengan kebutuhan. Melalui situs tersebut, pembeli juga bisa menghemat biaya karena memilih unit yang sesuai dengan kebutuhan.

Menerapkan tips membeli apartemen untuk pemula tentu sangat penting dilakukan, supaya calon pembeli tidak salah memilih. Hal tersebut juga bisa membuat pembeli lebih efisien dari segi waktu dan biaya. Pembeli pemula disarankan menggunakan jasa agen properti, supaya lebih mudah untuk mendapatkan unit apartemen yang diinginkan.

You may also like