Home Otomotif Penyebab AC Mobil Tidak Dingin yang Harus Anda Tahu!

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin yang Harus Anda Tahu!

by 8qmaf
Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

AC mobil merupakan salah satu fasilitas yang saya rasa sudah banyak tersedia di keluaran mobil-mobil terbaru yang ada pada saat ini. Adanya AC mobil yang dingin tentu saja akan membuat kita lebih nyaman dan aman dalam berkendara. Hal ini akan berbeda jika AC mobil tidak dingin atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Sebagai pemilik mobil ketika mengetahui masalah AC mobil yang tidak dingin tentu saja akan kebingungan. Pasti Anda akan bertanya-tanya, apa yang menjadi penyebab AC mobil menjadi tidak dingin dan bagaimana cara mengatasinya.

Oke, untuk Anda yang kurang paham terhadap hal-hal yang berbau otomotif. Jangan bingung karena di artikel kali ini saya akan membahas tentang beberapa hal yang bisa menyebabkan AC mobil tidak dingin.

 

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Penasaran kan apa saja hal-hal yang bisa membuat AC mobil kita rusak atau tidak dingin lagi? Simak ulasannya berikut ini.

Freon Habis atau Kurang

Penyebab pertama AC mobil tidak dingin disebabkan karena kandungan Freon yang habis atau kurang. Freon tidak akan habis atau kurang jika tidak ada kebocoran pada sistemnya. Oleh karena itu, Anda harus tahu dulu beberapa penyebab kebocoran Freon ini. Misalnya seperti disebabkan karena komponen karet yang getas dan sudah lama atau bisa juga disebabkan karena ada yang tidak beres pada valve kompresornya sehingga menyebabkan Freon kurang atau habis.

Filter AC Tersumbat

Penyebab AC tidak dingin yang berikutnya adalah bisa jadi disebabkan karena filter AC yang mengalami penyumbatan. Filter AC sendiri memiliki fungsi untuk menyaring segala debu dan kotoran dari luar. Oleh karena itu, kita harus rajin membersihkannya. Jika tidak bisa jadi hal inilah yang memicu masalah AC tidak dingin di dalam mobil.

Motor Extra Fan Mati atau Lemah

Lanjut, penyebab AC kurang dingin dalam mobil juga bisa disebabkan karena motor extra fan yang mati atau lemah. Ya, motor extrafan yang mengalami masalahh akan membuat proses kondensasi dalam kondensor menjadi tidak berfungsi secara optimal. Sehingga membuat tidak ada udara dingin yang masuk ke dalam kabin.

Itu dia beberapa hal yang bisa menjadi penyebab AC mobil tidak dingin. Jika masih mengalami masalah lebih baik segera hubungi jasa service AC mobil sekarang juga! Terimakasih.

You may also like