Home Otomotif Inilah Cara Memperbaiki Sensor O2 Mobil dengan Mudah

Inilah Cara Memperbaiki Sensor O2 Mobil dengan Mudah

by 8qmaf
Inilah Cara Memperbaiki Sensor O2 Mobil dengan Mudah

Pada sebuah mobil pasti memiliki sebuah komponen yang berguna untuk menghitung jumlah oksigen yang masuk. Tetapi, tidak jarang pula yang mengalami masalah pada sensor oksigen ini atau biasa disebut sensor O2. Nah, cara memperbaiki sensor O2 mobil juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Mari ikuti penjelasannya di bawah ini!

1. Lakukan Pengecekan

Sebelum memulai perbaikan, alangkah baiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu pada ECU yang terhubung dengan sensor O2. Cara untuk melakukan pengecekan bisa dengan cara scan pada perangkat ECU. Nah, ECU ini akan mendeteksi kerusakan yang terjadi pada sebuah mobil. Sehingga, secara otomatis akan melihat pula kerusakan yang terjadi pada sensor O2.

Jika sudah melihat bagian apa yang rusak, pemilik mobil baru bisa ke tahap perbaikan. Untuk tahap perbaikan ini bisa ditangani sendiri atau juga kerusakan yang dialami sudah parah. Maka, sebaiknya ditangani di tempat yang lebih professional.

2. Bersihkan Sensor

Cara memperbaiki sensor O2 mobil adalah dengan membersihkan komponen sensor tersebut. Kadang kala pemilik mobil panik jika tiba-tiba komponen sensornya tidak bisa bekerja dengan baik lagi. Sehingga, memilih untuk membeli yang baru dan tidak melihat terlebih dahulu keadaan dari sensor O2 yang lama. Padahal, bisa jadi, kerusakan disebabkan oleh komponen yang kotor.

Sensor tidak bisa bekerja dengan normal dikarenakan ada kotoran yang menempel pada bagian sensor tersebut. Cara untuk membersihkannya yaitu dengan bersihkan bagian ujung dari sensor. Bisa juga dengan menggunakan air yang dilengkapi dengan pembersih lantai. Kemudian rendam sensor semalaman dan jangan lupa masukkan ujung sensornya saja.

3. Pasanglah Dengan Benar

Jika sensor sudah direndam semalaman, maka sensor bisa kembali di pasang pada mobil. Untuk cara pemasangannya pun tidak sembarangan. Karena jika dipasang dengan seenaknya maka akan membuat sensor menjadi tambah rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Pasanglah dengan benar serta hati-hati. Tempatkan bagian sensor sesuai dengan bagian-bagiannya.

Untuk pemasangan ini memang membutuhkan tenaga yang lebih ekstra, karena komponen ini merupakan bagian yang vital serta penting. Jika ragu-ragu memasang sendiri di rumah, maka sebaiknya meminta bantuan ke tenaga yang lebih ahli agar tidak terjadi kerusakan lebih lanjut.

4. Gantilah Dengan Yang Baru

Apabila sudah dilakukan pembersihan dengan optimal serta sudah dipasang dengan benar, tetapi masih belum bekerja dengan optimal lagi berarti memang harus mengganti sensor dengan yang baru. Karena, jika sudah lama digunakan sudah pasti kinerjanya pun akan turun dan tidak seoptimal waktu pertama membeli.

Sebaiknya belilah sensor O2 pada tempat yang resmi serta bergaransi agar jika terjadi kerusakan lagi masih bisa ditukarkan. Selain itu, jangan beli barang yang bekas karena hanya tergiur harganya yang murah. Karena, mengingat komponen sensor O2 merupakan bagian yang sangat penting sekali. Jika ingin mengetahui lebih dalam tentang perbaikan pada mobil yang lain bisa mengunjungi situs Mobilku.

Demikian cara memperbaiki sensor O2 mobil yang bisa dilakukan jika mengalami kerusakan pada komponen tersebut. Sebaiknya lakukan dengan hati-hati, karena jika komponen ini rusak maka akan berdampak pada kinerja mobil yang juga akan semakin lemah.

You may also like