Home Otomotif Apa Saja Fungsi Busi, Komponen dan Mekanisme Cara Kerjanya? Ini Ulasannya

Apa Saja Fungsi Busi, Komponen dan Mekanisme Cara Kerjanya? Ini Ulasannya

by 8qmaf
Apa Saja Fungsi Busi, Komponen dan Mekanisme Cara Kerjanya? Ini Ulasannya

Tentunya bagi kamu yang bergelut di dunia otomatif sudah tidak asing lagi dengan komponen yang bernama busi ini bukan? Dimana komponen yang mempunyai ukuran fisik yang cukup kecil ini tentunya memiliki kegunaan yang begitu penting dalam setiap kendaraan pastinnya. Untuk lebih lanjutnya simak ulasan berikut ini mengenai busi hingga cara kerjanya sendiri.

Pada dasarnya fungsi busi, komponen dan mekanisme cara kerjanya sendiri tidak lain untuk mengubah energi listrik menjadi sebuah percikan bunga api. Dimana percikan bunga api yang dihasilkan oleh busi itu tadi diperoleh dari ujung elektroda.  Nantinya campuran bahan bakar dan juga udara yang berasal dari  karburaktor tersebu akan terbakar oleh percikan bunga api itu tadi.

Dimaana semua hal yang terbakar tadi akan berfungsi untuk menghasilkan energi yang digunakan untuk menggerakkan mesin mobilmu sendiri tentunya. Tentunya sagat mustahil jika mesin mobilmu sendiri akan beroperasi apabila tidak ada percikan bunga api yagng berasal dari ujung elektroda busi itu tadi.

Setelah itu komponen pada busi sendiri juga cukup banyak, salah satu yang paling penting yaitu terminal yang ada di bagian ujung bagian pangkal. Diamana terminal tersebut masih terhubung dengan sistem pengapian dan juga busi pastinya. Nantinya komponen terminal yang ada pada busi tersebut akan berguna sebagai konektor yang berasal dari bahan besi.

Sedangkan cara kerja dari busi sendiri tidak lain yaitu ketika kamu menghidupkan kunci mobilmu sendiri, maka nantinya arus littrik secara otomaatis akan ikut mengalir. Dimana aliran yang berasal dari baterai akan menuju ke bagian koil alias kumparan. Setelah itu nantinya akan melalui bagian lilitannya yang salah satunya masih terhubung ke dalam kontak pemutus.

Jika sudah, komponen yang terhubung tersebut akan dikoneksikan langsung di bagian camshaft. Dengan begitu nantinya akan mendorog saklat dan kontak pemutus tersebut akan terbuka. Sehingga pada akhirnya arus listrik akan mengalir melalui sela-sela busimu itu tadi. Maka dari itu percikan api pada busi akan dihasikan dari proses yang telah dijelaskan tadi, sehingga mobilmu bisa langsung dikendarai pastinya.

You may also like