Home Otomotif 4 Merk Oli Mobil Manual yang Bagus, Rekomendasi Otoklix

4 Merk Oli Mobil Manual yang Bagus, Rekomendasi Otoklix

by 8qmaf

Memilih oli mobil manual yang bagus bukanlah suatu hal yang sulit. Begitu juga dalam hal memilih oli transmisi manual yang tepat bagi mobil Anda. Seperti yang diketahui, oli memiliki fungsi sebagai pelumas bagi komponen mobil. Oli juga terdiri dari beberapa jenis seperti oli transmisi, oli rem, oli mesin, oli sintetis, dan lainnya.

Jenis oli yang juga memiliki peranan sangat penting adalah oli transmisi. Baik mobil matic maupun manual membutuhkan oli transmisi ini. Untuk memudahkan Anda dalam memilih oli transmisi yang bagus, simak dalam artikel ini rekomendasi dari otoklix untuk merk oli yang bagus. 

Oli Transmisi Manual

Oli transmisi manual merupakan salah satu jenis oli yang berfungsi dalam pelumasan sistem transmisi mobil. Oli jenis ini akan membantu melumasi gear dan bearing dalam sistem transmisi pada mobil manual. Sementara pada mobil matic, oli transmisi berfungsi melumasi bagian clutch serta torque.

Karena penggunaannya yang berbeda itulah, oli transmisi mobil manual dan matic berbeda. Umumnya, oli transmisi manual konsistensinya lebih kental jika dibandingkan oli transmisi matic. Dengan mengetahui perbedaan tersebut, maka Anda dapat memilih oli mobil manual yang bagus.

Oli transmisi manual secara umum memiliki fungsi untuk melumasi bagian transmisi. Selain itu, oli transmisi juga memiliki fungsi lainnya yaitu sebagai berikut.

  • Menjaga komponen mesin agar awet dan tahan lama
  • Menjaga kinerja mesin ketika terjadi putaran mesin yang meningkat karena adanya tarikan gas yang besar
  • Mencegah debu atau kotoran terkontaminasi pada mesin kendaraan Anda
  • Memberikan rasa nyaman bagi pengendara atau pengemudi saat ingin melakukan perpindahan gigi

Dengan melihat beberapa fungsi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa oli transmisi manual memiliki peranan yang penting bagi mobil Anda. Oleh karena itu, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih oli mobil manual yang bagus.

Ciri Oli Transmisi Manual Harus Diganti

Sama halnya dengan jenis oli mobil yang lain, oli transmisi harus dilakukan penggantian secara rutin. Anda dapat melakukan servis oli transmisi manual setiap menempuh jarak 30.000 km sampai 50.000 km. Tujuannya adalah untuk menghindari transmisi macet dan perpindahan gigi akan terasa halus. Selain itu, Anda bisa gunakan patokan oli transmisi mobil perlu diganti. Berikut ini ciri-ciri perlu dilakukan penggantian oli transmisi manual pada mobil Anda.

  • Kendaraan terasa berat saat berjalan, terutama di kondisi medan jalan yang menanjak
  • Ketika Anda melakukan perpindahan gigi Anda akan merasakan ada yang mengganjal atau bahkan berat
  • Lampu check engine pada mobil Anda terus menyala
  • Terdengar bunyi dengung yang berasal dari komponen transmisi yang saling bergesekan 
  • Warna oli transmisi telah berubah tidak sesuai semula

Rekomendasi Oli Transmisi Manual

Ada banyak produk oli transmisi yang dijual di pasaran. Anda mungkin akan merasa kebingungan ketika dihadapkan pada banyaknya pilihan tersebut. Anda bisa memilih oli mobil manual yang bagus dengan mengikuti beberapa rekomendasi produk berikut ini.

  • Shell Spirax S3 G 80W

Pilihan pertama oli transmisi manual yang bagus adalah Shell Spirax S3G 80W. Oli ini telah dirancang dengan memberikan manfaat baru yaitu berdasarkan pada tingkat serta performa yang lebih baik. Oli ini juga menggunakan teknologi aditif yang akan membuat sistem transmisi mendapat pelumas yang terbaik. Selain itu, dengan menggunakan Shell Spirax S3G 80W performa mobil Anda akan selalu optimal.

  • BM1 Gear Lube 90 GL-5

Anda bisa memilih oli mobil manual yang bagus dengan menjatuhkan pilihan pada BM1 Gear Lube 90 GL-5. Produk oli satu ini diklaim dapat mengurangi tingkat gesekan serta tetap melekat pada sela-sela gigi transmisi. Hal ini dikarenakan BM1 Gear Lube 90 GL-5 telah menggunakan komponen PC-AFA di dalamnya. Selain itu, produk oli ini juga memiliki tingkat kekentalan SAE 90 yang tentu cukup baik bagi transmisi mobil manual Anda.

  • STP Gear Oil SAE 80W-90 Tropical Formula

Pilihan selanjutnya oli transmisi manual yang banyak digunakan dan direkomendasikan adalah STP Gear Oil SAE 80W-90 Tropical Formula. Produk ini dapat memberi perlindungan terhadap komponen transmisi dengan baik, serta mampu melawan oksidasi. Selain itu, STP Gear Oil SAE 80W-90 Tropical Formula juga dilengkapi dengan adanya formula tropical yang akan memungkinkan proteksi secara maksimal pada bagian gear-shifting transmisi.

  • Pertamina Rored EPA SAE 90

Sesuai dengan namanya, Pertamina Rored EPA SAE 90 memiliki SAE 90 yang cocok digunakan untuk mobil manual. Produk ini diklaim dapat membuat sistem transmisi menjadi lancar. Pasalnya, dalam produk oli ini memiliki kandungan formula aditif Extreme Pressure dari jenis sulphur phosphorus (anglamol). 

Demikian informasi tentang memilih oli mobil manual yang bagus. Cara kerja oli transmisi untuk mobil manual dan matic tentulah berbeda. Oleh karena itu, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih jenis oli transmisi. Pilihlah produk yang memang khusus digunakan untuk mobil manual. 

You may also like

Leave a Comment