Home Life Biografi Pencipta Lagu Indonesia Raya, WR Supratman

Biografi Pencipta Lagu Indonesia Raya, WR Supratman

by 8qmaf

Biografi pencipta Lagu Indonesia Raya, WR Supratman adalah seorang tokoh nasional dan juga pahlawan Indonesia. Tokoh perjuangan ini dikenal sebagai pencipta lagu Indonesia Raya yang kini menjadi lagu kebangsaan Indonesia dan sering dinyanyikan pada event-event nasional maupun upacara bendera.

Lagu Indonesia Raya yang diciptakan oleh WR Supratman diakui sebagai lagu Kebangsaan Indonesia pada peristiwa Sumpah Pemuda 1928, darisitu lagu tersebut semakin menyebar, apalagi di era sekarang sangat mudah ditemukan melalui situs download lagu. Sampai fyp Tiktok.

Biografi Pencipta Lagu Indonesia Raya

Kita perlu membahas tentang biografi pencipta Lagu Indonesia Raya, WR Supratman, supaya bisa mempelajari sejarah. Berikut adalah biografi singkatnya:

1. Kelahiran dan Pendidikan

WR Supratman dilahirkan di Jawa Tengah, tepatnya di Desa Somongarui, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, pada 19 Maret 1903. Namun, tiga bulan setelah lahir, ia dibawa orangtuanya ke Jatinegara, Jakarta.

Ayahnya merupakan seorang Sersan Jumeno Senen, seorang tentara Koninklijk Nederlandsch-Indische Leger. WR Supratman mulai mendapatkan pendidikan di sekolah taman kanak-kanak di Jakarta pada 1907 ketika berusia empat tahun.

Setelah lulus dari sekolah taman kanak-kanak tersebut, ia bersama kakaknya Roekijem tinggal di Makassar dan melanjutkan pendidikannya di Sekolah Angka Dua, lulus pada 1917.

Pada 1919, WR Supratman lulus ujian Klein Ambtenaar Examen yang merupakan ujian bagi calon pegawai rendahan. Selain itu, ia juga melanjutkan pendidikannya di Sekolah Pendidikan Guru.

2. Karir

Biografi pencipta Lagu Indonesia Raya, WR Supratman, berlanjut ke karier. WR Supratman adalah seorang yang ahli dalam mengolah musik. Hal ini terjadi karena peran kakak iparnya, W.M Van Eldick, yang memberikannya biola saat berulang tahun ke-17 pada tahun 1920.

Lalu, WR Supratman bersama kakak iparnya mendirikan grup band beraliran jazz. Ia mendirikan sebuah grup band bernama Black and White. Keahliannya dalam bermusik kemudian dimanfaatkan untuk membuat lagu-lagu perjuangan.

3. Ikut Sayembara Membuat Lagu Kebangsaan

WR Supratman membaca sebuah karangan di majalah Timbul yang menantang para ahli musik Indonesia untuk menciptakan lagu kebangsaan. Pada 1924, saat berusia 21 tahun dan masih di Bandung, ia menciptakan lagu Indonesia Raya.

Kemudian, pada 28 Oktober 1928, lagu tersebut diperdengarkan secara instrumental dalam Kongres Pemuda II dan dijadikan lambang persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia untuk memperebutkan kemerdekaan.

Penutup

Itulah biografi pencipta Lagu Indonesia Raya, WR Supratman, secara singkat. Belajar dari WR Supratman, apa pun profesi kita, jadikan itu sebagai sarana untuk berjuang. Begitulah dedikasi WR Supratman dan mengajarkan kita arti perjuangan.

 

 

You may also like

Leave a Comment