Home Kesehatan Yuk Simak Efek Negatif Kecanduan Game Online

Yuk Simak Efek Negatif Kecanduan Game Online

by 8qmaf
Yuk Simak Efek Negatif Kecanduan Game Online

Game online sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa menyukai teknologi satu ini. Bahkan beberapa game berpotensi meningkatkan daya kreativitas otak. Namun Anda perlu tahu, game online memiliki sisi lainyang buruk, yaitu kecanduan. Yang mana efek negatif kecanduan game online akan berdampak buruk bagi kesehatan mental dan fisik.

Terbiasa bermain game online nyatanya tak membawa dampak baik. Mungkin dampak baik hanya sebagian kecil, didominasi dampak buruknya. Pecandu game online tidak akan pernah merasa puas, Ia terus bermain untuk reward-reward lainnya. Semakin Ia menang, semakin tertantang naik ke level berikutnya. Seperti harus cepat didapat saat main game dan susah menunda keinginan.

Dampak Buruk Bagi Pecandu Game Online

  1. Membahayakan Keselamatan Diri Sendiri

Dikutip dari situs http://gumilar.net/,di fase kecanduan, pecandu abai pada lingkungannya. Dia akan bermain game dimana saja. Perlu diingat, anak milenials sekarang terkenal dengan generasi merunduk. Gamers akan abai pada sekelilingnya, tidak memperhatikan keselamatan diri. Banyak gamers ketika di luar rumah tidak bijak memilih tempat saat mengoperasikan game.

Efek buruk para gamers terlihat kurang kontrol diri dan hilang fokus. Beberapa gamers sering ditemukan bermain sambil berjalan. Akibatnya mengganggu pejalan kaki lainnya, karena fokusnya terbagi dengan ponsel. Kerap kali menabrak pejalan kaki lainnya tanpa minta maaf. Ada juga hingga terjadi kecelakaan, karena lagi-lagi fokusnya yang pecah.

  1. Mengabaikan Orang Terdekat

Abai pada perannya di kelompok masyarakat, salah satu efek negatif kecanduan game online. Pecandu seolah punya dunianya sendiri, tidak pada real life yang berjalan. Mereka tidak merasa butuh berinteraksi dengan orang lain. Perlahan memilih sendiri di pojok ruang, ketimbang bercengkrama hangat. Dia akan merasa dirinya asing di mata lingkungannya sendiri.

Para gamers cenderung cuek saat bersama orang terdekat. Kebanyakan tidak bijak menyesuaikan keadaan. Ketika ada kumpul keluarga, malah dia asyik mendekam di kamar. Bermain dengan game tanpa jeda. Perlahan hal ini akan mengeluarkannya dari circle hidup. Jangka panjangnya dia akan kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang lain.

  1. Masa Bodoh dengan Kondisi Sekeliling

Seorang anak yang sudah mengenal game, akan tersingkir dari lingkungan pertemanannya. Tidak peduli seberapa asyiknya permainan teman-temannya. Atau tidak peduli seberapa urgent kesulitan orang-orang sekitarnya. Dunia game lebih menarik, ketimbang bermain petak umpet dengan sebayanya.

Efek negatif kecanduan ini cukup fatal. Mengingat bahwa orang akan bergantung satu sama lain. Pecandu tidak lagi mengulurkan bantuan saat ada yang meminta tolong. Sebaliknya, orang pun enggan membantu saat kesulitan. Orang lain seolah tak penting baginya, kadang merasa mereka itu menganggu.

  1. Emosi Mudah Terpancing

Dampak dari kecanduan game online lainnya yaitu mudah emosi. Isi kepalanya seoalah meledak-ledak keluar. Pernah Anda menemukan gamers yang marah saat diminta berhenti sebentar ? Itu salah satu efek parahnya. Mereka akan marah saat dijeda sesaat. Atau juga mengumpat saat kalah ? Itu bentuk emosi gamers saat kalah dalam permainan.

Pecandu akan menggap dirinya selalu benar. Emosi berlebih saat ada yang menyalahkannya. Kadang Ia melampiaskan ke orang-orang terdekat. Tak jarang pecandu yang mengungkapkan emosi di depan orang tua, sudah hilang kesopanannya. Paling fatal saat pelampiasan dengan membanting barang-barang. Tingkat emosional yang tak wajar.

  1. Tidak Tertarik Aktivitas Lainnya

Asyik bermain game biasanya menimbulkan rasa malas yang luar biasa. Aktivitas selain bermain game tidak lagi menarik. Pecandu diselimuti rasa takut kalah jika meninggalkan game sejenak. Seakan dunia runtuh jika kalah dalam permainan atau levelnya jadi turun. Ataupun jika melakukan aktivitas lain, pecandu gelisah karena meningalkan game lama.

Efek negatif kecanduan game online ini cukup parah, karena fokus hidup hanya pada game. Bagi pelajar, konsentrasi belajar terpecah. Saat pelajaran, di pikiran hanyalah game. Bagaimana nasib game yang ditinggalkan. Ketika masuk di pertandingan dia tidak akan berhenti sebelum menang, setelah menang pun tetap melanjutkan game.

Nah, itulah hal-hal negatif yang terjadi pada pecandu game online. Teknologi memang bawa dampak baik bagi kehidupan, namun hadirnya game online mengikis moral. Game onlinie diciptakan untuk menghibur, jadi baiknya pengguna mengukur dengan bijak. Jangan salah langkah dalam menggunakan game. Kontrol diri agar lingkungan Anda seimbang. Bukan teknloginya yang salah, tapi penggunanya yang tak bisa mengendalikan.

You may also like