Home Kesehatan Yuk Simak Cara Pakai Conditioner yang Tepat Agar Rambut Tidak Lepek

Yuk Simak Cara Pakai Conditioner yang Tepat Agar Rambut Tidak Lepek

by 8qmaf
Cara Pakai Conditioner yang Tepat

Rambut merupakan mahkota dari seorang wanita. Hal ini dikarenakan rambut sering menjadi pusat perhatian bahkan menjadi identitas bagi seorang wanita. Selain rutin menggunakan shampo, cara lain yang bisa dilakukan untuk merawat rambut ialah dengan menggunakan conditioner. Cara pakai conditioner pun sebenarnya bisa dilakukan oleh semua orang.

Conditioner hampir mirip dengan shampo. Hanya saja conditioner tidak mengandung detergen sehingga tidak menghasilkan busa atau foam saat terkena air. Bahan ini digunakan untuk memaksimalkan hasil dari proses keramas sehingga rambut menjadi lebih lembut dan terawat. Rambut yang lembut dan terawat tentunya menjadi keinginan dan impian semua wanita.

Namun, cara pakai conditioner yang salah justru bisa membuat rambut lepek dan berminyak. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda dapat melakukan beberapa cara yang tepat seperti dibawah ini.

 

Memilih Kondisioner Sesuai Jenis Rambut

Setiap wanita tentunya memiliki jenis rambut yang berbeda. Sebelum menggunakan kondisioner, sebaiknya Anda memilih kondisioner yang tepat sesuai jenis rambut Anda. Misalnya, untuk jenis rambut rontok maka pilih kondisioner hairfall threatment. Jika rambut Anda tipis, maka gunakan kondisioner volume nourishment. Hal ini juga berlaku untuk jenis shampo yang digunakan.

 

Mencuci Rambut dengan Bersih

Sebelum menggunakannya, tentu Anda harus mencuci atau melakukan keramas terlebih dahulu. Lakukan hal tersebut secara maksimal. Pastikan cuci rambut Anda dengan sangat bersih hingga seluruh sisa shampo hilang. Jangan lupa pastikan pula air yang digunakan merupakan air bersih. Hasilnya tentu bisa lebih maksimal. Cara pakai conditioner baru bisa Anda aplikasikan jika rambut sudah dibilas dengan bersih.

 

Pakaikan pada Bagian Tengah Hingga Ujung Rambut

Setelah rambut selesai dibersihkan, barulah Anda dapat menggunakan kondisioner. Pastikan kondisioner yang Anda miliki masih cukup banyak atau minimal cukup untuk rambut Anda pada saat itu. Tuangkan secukupnya pada telapak tangan Anda atau kurang lebih seukuran uang koin. Ingat, jangan terlalu banyak menuangkannya karena hasilnya akan kurang baik.

Setelah itu, oleskan pada rambut Anda dari bagian tengah hingga ujung rambut lalu diamkan beberapa saat. Anda harus menerapkan cara pakai conditioner ini agar rambut Anda tidak berminyak dan lepek. Hindari mengoleskan pada bagian kulit kepala karena hal ini memicu keadaan rambut menjadi lebih mudah berminyak dan lepek.

 

Bilas dengan Air Bersih

Banyak diantaranya para wanita yang salah kaprah dalam menggunakan kondisioner dengan tidak mencuci dan membilas kembali dengan air bersih. Cara yang tepat ialah membilas kembali rambut Anda dengan air bersih setelah menggunakan kondisioner. Jangan sampai ada bagian yang tidak terbilas dengan air bersih.

Pastikan Anda membilas dan menyiram rambut Anda dengan menyeluruh agar tidak ada yang terlewat. Cara ini sebenarnya cukup mudah. Namun, banyak diantara para penggunanya yang kurang memperhatikan cara tersebut terutama saat harus membilasnya dengan air. Dengan melakukannya maka hasil perawatan rambut yang Anda lakukan akan lebih maksimal.

 

Gunakan Secara Rutin

Penggunaan kondisioner ini harus secara rutin. Sebisa mungkin selalu simpan kondisioner berdampingan dengan shampo agar tidak terlewat setelah menggunakan shampo. Dengan penggunaan yang rutin maka rambut Anda akan lebih terawat. Gunakan setiap sesudah menggunakan shampo.

Itulah beberapa cara pakai conditioner yang tepat agar rambut tidak lepek dan berminyak. Anda bisa melakukan cara tersebut dengan benar sesuai dengan petunjuk tersebut. Lakukan perawatan yang tepat agar rambut Anda tetap terjaga dengan baik. Dengan begitu Anda bisa merasa lebih nyaman dan percaya diri dengan rambut yang cantik.

You may also like