Home Kesehatan Kebiasaan yang Merusak Kesehatan, Banyak Orang yang Tidak Menyadarinya

Kebiasaan yang Merusak Kesehatan, Banyak Orang yang Tidak Menyadarinya

by 8qmaf
Kebiasaan yang Merusak Kesehatan

Sehat merupakan hal yang paling dicari dan selalu ingin dirasakan oleh setiap orang. Banyak orang yang menyesal karena sudah menyia-nyiakan saat mereka sedang sehat. Bisa jadi mereka terlalu banyak melakukan kebiasaan yang merusak kesehatan.

Kebiasaan tersebut seringkali tidak disadari. Anda sering melakukannya karena masih merasa tidak ada yang salah dengan kesehatan Anda. Padahal, kebiasaan tersebut lambat laun bisa merusak kesehatan Anda. Apasaja kebiasaan tersebut? Berikut beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan.

Begadang

Kebiasaan ini merupakan kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan. Akan tetapi, banyak diantaranya masih melakukan kebiasaan ini tanpa keperluan. Bahkan beberapa diantaranya tidak tidur sama sekali. Hal ini dapat membuat Anda merasakan kantuk yang hebat di pagi hari. Tentu saja Anda akan merasa kesulitan melakukan aktivitas di pagi hari.

Kebiasaan yang merusak kesehatan ini sering tidak disadari dapat merusak kesehatan. Orang yang tidak banyak melakukan aktivitas di pagi hari akan lebih rentan terkena penyakit. Salah satu hal yang paling terganggu adalah waktu makan pagi. Jika Anda terlalu sering melewatkan sarapan pagi, maka kesehatan Anda akan lebih mudah terganggu.

Terlalu Lama Menggunakan Laptop dan Ponsel

Penggunaan laptop atau ponsel yang terlalu lama akan membuat Anda lebih mudah terserang penyakit. Kemampuan kognitif dari otak Anda akan terganggu. Bahkan, beberapa penelitian menyatakan kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko terkena obesitas, diabetes dan emboli paru. Hal ini bisa dikarenakan kurangnya gerak dari tubuh seseorang. Selain itu, mata Anda pun bisa lebih mudah lelah dan terkena iritasi.

Penggunaan perangkat elektronik tersebut tidak boleh lebih dari 3 jam perhari. Kebiasaan yang merusak kesehatan ini kini banyak dilakukan oleh banyak orang. Alasannya karena merasa perlu atau mencari hiburan dengan menggunakannya. Padahal jika terlalu lama kesehatan Anda yang menjadi taruhannya. Sayangnya, hal ini sangat sering diabaikan.

Menunda Waktu Makan

Kebiasaan ini biasanya sangat sering dilakukan oleh para pekerja atau bahkan mahasiswa yang memiliki kesibukan yang tinggi. Bahkan beberapa diantaranya cenderung tidak peduli dengan jam makan. Mereka akan lebih mementingkan pekerjaan atau tugas mereka agar cepat selesai. Hal ini justru akan menimbulkan gangguan kesehatan pada Anda.

Menunda waktu makan merupakan kebiasaan yang merusak kesehatan seseorang. Salah satu penyakit yang sangat mudah timbul ialah penyakit maag. Perut yang sering kosong akan lebih rentan terkena penyakit maag. Selain itu, daya tahan tubuh akan lebih cepat menurun sehingga penyakit akan lebih mudah datang.

Duduk terlalu lama

Kebiasaan ini merupakan salah satu hal yang dapat membuat kesehatan Ana terganggu. Hal ini biasanya dilakukan oleh para karyawan atau mahasiswa yang sibuk dengan pekerjaan atau tugas mereka. Sesekali bangkitlah dari tempat duduk untuk sekedar minum atau makan. Selain itu, Anda juga bisa berdiri sejenak agar fisik Anda menjadi lebih rileks.

Duduk dalam waktu yang lama menuntut Anda untuk tidak banyak bergerak. Hal ini tentu membuat kalori tidak akan terbakar karena tidak adanya aktivitas apapun. Obesitas dan diabetes akan menghantui Anda jika terlalu lama duduk untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang sangat banyak.

Beberapa kebiasaan yang merusak kesehatan tersebut sebaiknya Anda perhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda bisa melakukan aktivitas tersebut sesekali. Itupun jika Anda sangat perlu untuk melakukannya atau bersifat darurat. Jangan terlalu sering atau terlalu lama. Sebab, hal tersebut akan merusak kesehatan Anda baik saat ini atau di masa yang akan datang.

 

You may also like