Home Kesehatan Ini Dia 6 Penyakit Yang Bakal Timbul Jika Mengkonsumsi Air Tercemar

Ini Dia 6 Penyakit Yang Bakal Timbul Jika Mengkonsumsi Air Tercemar

by 8qmaf

Polusi udara, membuang sampah sembarangan serta alam yang tak lagi hijau menjadi sebagain penyebab dari tercemarnya air. Namun, faktor-faktor tersebut sangat sulit diatasi apalagi saat musim kemarau dimana air semakin mudah tercemar. Keadaan ini kemudian memaksa masyarakat agar mau tidak mau harus mengkonsumsi air kotor yang tercemar.

Jika diperlukan, menggunakan filter air yang menyaring kotoran-kotoran yang terdapat di air dapat dipertimbangkan. Produk saringan filter air sudah bisa dibeli di berbagai marketplace dan e-commerce di internet.

Padahal, mengkonsumsi air tercemar dapat menimbulkan beberapa penyakit, seperti 6 penyakit di bawah ini:

1. Diare

Diare menjadi salah satu penyakit yang umum terjadi akibat mengkonsumsi air tercemar. Hal ini dikarenakan air tercemar umumnya mengandung cacing parasite yang menyebabkan penyakit schistosomiasis.

diare acap kali dianggap ringan oleh sebagain masyarakat. Padahal pada puncak parah, diare dapat menyebabkan radang usus, hingga kematian.

2. Hepatitis A

Hepatitis A menjadi jenis penyakit lainnya yang juga dapat melanda tubuh jika Anda mengkonsumsi air yang sudah tercemar. Hal ini dikarenakan racun akibat air tercemar masuk ke dalam tubuh dan terakumulasi di dalam darah. Kemudian racun yang bercampur darah tersebut merusak organ dalam tubuh seperti merusak ginjal dan hati.

Seram sekali bukan?

3. Disentri

Disentri atau radang usus juga sangat mungkin terjadi pada masyarakat yang mengkonsumsi air tercemar. Biasanya, disentri ditandai dengan diare parah hingga berdarah, yang jika tidak ditangani secara langsung dapat menyebabkan kematian.

4. Trachoma

Trachoma adalah Infeksi mata yang membuat mata menjadi merah dan terus dipenuhi dengan kotoran. Trachoma juga banyak melanda masyarakat yang mengkonsumsi air tercemar sehingga mengganggu aktifitas sehari-hari. Jika Anda mengalami ini, segera ke dokter ya, jangan menganggap sepele trachoma.

5. Kurap

Selain dapat merusak pencernaan, mengkonsumsi atau menggunakan air tercemar juga jelas akan menimbulkan penyakit kulit yang diakibatkan dari kulit yang gatal, seperti penyakit kurap. Penyakit kulit ini juga bisa diakibatkan oleh penggunaan pakaian yang dicuci dari air tercemar.

Biasanya, kurap timbul di leher, tengkuk, kulit kepala serta bagian tubuh lainnya.

6. Jamur

Gangguan kulit yang umum terjadi akibat penggunaan air tercemar adalah jamur di kulit yang mengakibatkan gatal luar biasa. Jika tidak segera diatasi, jamur ini akan menyebar ke area kulit lainnya sehingga menimbulkan iritasi parah.

Bagi Anda kaum hawa yang sangat memperhatikan penampilan, kebersihan air yang dikonsumsi juga sangat mempengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit Anda, misalnya perawatan wajah glowing yang memang membutuhkan konsumsi air berkualitas untuk menjaga kelembaban kulit wajah Anda. Jika Anda sering melakukan konsultasi dokter kecantikan langganan Anda, dapat ditanyakan kualitas air seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk facial treatment Anda.

Jadi, jaga kebersihan ya. Selalu hemat air bersih, jaga kelestarian air bersih dan pastikan selalu membuang sampah pada tempatnya, agar tidak kekurangan air bersih saat musim-musim tertentu. Dengan demikian, meski dalam keadaan urgent Anda tetap bisa menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi air bersih.

You may also like