Home Kesehatan 5 Tanda Tubuh Alami  

5 Tanda Tubuh Alami  

by 8qmaf
5 Tanda Tubuh Alami

Air tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Tujuh puluh persen tubuh manusia terdiri dari air yang bermanfaat untuk membantu metabolisme, membantu peredaran oksigen, mengatur suhu tubuh, dan melindungi organ tubuh. Organ tubuh akan mengalami penurunan fungsi apabila kekurangan cairan tubuh atau yang biasa disebut dehidrasi. Berikut ini penjelasan mengenai tanda dan gejala dehidrasi.

 

Tanda Dehidrasi dan Penjelasannya

  1. Mulut Terasa Kering dan Timbul Pembengkakan pada Lidah

Tubuh akan memberi sinyal apabila mengalami kekurangan cairan dengan gejala mulut yang terasa kering terjadi sedikit pembengkakan pada lidah. Untuk mengatasinya, segeralah minum air putih atau sangat disarankan untuk minum air mineral yang berkualitas.

  1. Warna Urine Pekat dan Gelap

Ginjal akan berusaha melakukan penghematan air atau penghentian produksi urine. Hal ini dapat ditandai dengan berubahnya warna urine menjadi kuning pekat atau gelap.

  1. Konstipasi atau Kesulitan Buang Air Besar

Kurangnya cairan pada tubuh akan membuat usus besar kesulitan menyerap air dari makanan yang dikonsumsi. Saat mengalami dehidrasi, usus besar akan mengurangi dan menghemat air, sehingga mengakibatkan feses menjadi kering dan keras atau yang disebut dengan sembelit.

  1. Elastisitas Kulit Berkurang

Rutin mengonsumsi air putih akan membuat kulit Anda menjadi lebih sehat, segar, kencang, dan terjaga kelembabannya. Sebaliknya, jika tubuh Anda dehidrasi, maka kulit akan menjadi kering, tidak kenyal, dan elastisitasnya menjadi berkurang. Hal ini bisa dilihat pada kulit seseorang yang mengalami dehidrasi, yaitu apabila dicubit maka untuk kembali ke bentuk semula membutuhkan waktu lebih lama.

  1. Mudah Lelah dan Badan Lemas

Dehidrasi yang sudah parah dan kronis akan membuat volume dan tekanan darah mengalami penurunan sehingga pasokan oksigen ikut berkurang dan membuat tubuh menjadi lemas dan mudah merasa lelah.

Untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, Anda harus rajin minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari. Anda bisa mengkonsumsi air mineral seperti AQUA yang sudah terbukti kualitasnya. AQUA diproses secara higienis dan dikemas dengan plastik recycle yang aman dan ramah lingkungan. AQUA juga mengandung kebaikan alami mineral yang terlindungi, sehingga kemurnian AQUA tidak dapat diragukan lagi. Untuk informasi lebih lengkap tentang AQUA, Anda bisa berkunjung ke halaman resminya di www.sehataqua.co.id.

 

You may also like