Home Food & Beverages Tips Mengadakan Acara Selamatan Rumah

Tips Mengadakan Acara Selamatan Rumah

by 8qmaf
Acara Selamatan Rumah

Rumah anda baru? Dalam kebiasaan masyarakat Indonesia, biasanya seseorang yang menempati rumah baru akan mengadakan syukuran atau selamatan rumah. Selain sebagai rasa syukur, mengadakan selamatan juga sebagai ajang pengakraban diri dengan tetangga sekitar dan keluarga.

Tak hanya kedua alasan di atas, syukuran atau selamatan rumah mempunyai tujuan untuk membersihkan segala macam balak yang terdapat di dalam rumah tersebut. Sehingga acara ini menjadi agenda yang penting dan harus diatur sedemikian rupa agar berjalan dengan lancar.

Anda sedang bingung dalam menyiapkan acara selamatan rumah? Tenang saja, kami akan sediakan panduan dan tips untuk mengadakan acara selamatan rumah agar berjalan dengan lancar dan berkah.

Simak ulasannya berikut ini ya!

Tips Mengadakan Selamatan Rumah

 

Membuat Agenda, Daftar Tamu, Waktu Acara

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika akan menyiapkan sebuah acara selamatan rumah adalah dengan mengagendakan berlangsungngnya acara. Pertama buatlah daftar tamu yang akan anda undang, usahakan jumlah undangan tidak melebihi kapasitas ruangan di dalam rumah baru anda. Apabila rumah anda tidak terlalu luas, usahakan untuk mengundang tamu yang tidak berlebihan, utamakan tetangga sekitar untuk menjaga kerukunan dalam lingkungan.

Setelah daftar tamu selesai disusun, kini saatnya memikirkan tentang waktu penyelenggaraan selamatan rumah. Satu tips bagi anda agar tamu undangan dapat menghadiri acara tanpa halangan, yaitu laksanakan selamatan rumah pada weekend atau hari libur. Selain itu, usahakan acara dilangsungkan pada malam hari sekitar pukul 19.30.

Daftar tamu sudah dibuat dan waktu pelaksanaan telah ditetapkan, kini saatnya mencetak undangan dan menyebarkan ke seluruh undangan. Usahakan agar undangan telah selesai disebar seminggu sebelum acara berlangsung.

 

Bersihkan Rumah

Meskipun masih baru atau selesai direnovasi, karena akan disambangi banyak tamu tentunya anda harus dalam keadaan bersih dan wangi. Untuk itu, usahakan agar anda membersihkan rumah sehari sebelum acara dimulai.

 

Rencakanan Hidangan Acara

Dalam hal hidangan, anda harus menyiapkan makanan untuk hidangan tamu selama acara berlangsung dan makanan yang akan dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Untuk hidangan tamu selama acara berlangsung, anda dapat menyiapkan makanan dalam bentuk prasmanan agar tamu lebih leluasa dalam memilih makanan.

Siapkan makanan mulai dari nasi liwet atau nasi uduk dan lauk, untuk lauk anda dapat menggunakan opor ayam atau ayam balado. Sebagai pendamping, siapkan makanan lainnya seperti nasi goreng, mie goreng, plecing kangkung, danlain-lain. Sebagai pendamping lauk, siapkan aneka gorengan seperti tempe goreng, tahu goreng, perkedel, bakwan, dan lain sebagainya sesuai selera.

Sebagai agenda wajib selamatan rumah baru, biasanya seseorang akan menyiapkan kue tampah. Apabila terlalu sibuk dalam menyiapkan makanan utama, anda dapat pesan kue tampah di toko kue basah atau pasar terpercaya di dekat rumah anda.

Setelah hidangan di rumah selesai dibuat, kini saatnya menyiapkan makanan yang akan dibawa pulang oleh tamu sebagai oleh-oleh. Pilihan di tangan anda, apakah oleh-oleh tersebut dalam bentuk makanan pokok seperti nasi atau sebatas aneka kue di dalam box.

Untuk memudahkan anda dalam menghandle acara, sebaiknya oleh-oleh yang akan dibawa pulang oleh tamu berupa jajanan basah atau pasar seperti pada kue tampah. Untuk mendapatkan harga diskon karena memesan banyak, sebaiknya anda juga memesan kue box di tempat anda memesan kue tampah di atas.

Demikian ulasan lengkap mengenai tips dalam mengadakan acara selamatan rumah. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

 

You may also like