Home Food & Beverages Inilah Cara Membuat Kentang Goreng yang Renyah

Inilah Cara Membuat Kentang Goreng yang Renyah

by 8qmaf
Inilah Cara Membuat Kentang Goreng yang Renyah

Inilah Cara Membuat Kentang Goreng yang Renyah – Cemilan merupakan jenis makanan yang sangat digemari oleh banyak orang karena dapat dikonsumsi kapanpun. Salah satu jenis cemjlan yang cukup digemari ialah kentang goreng. Istilah populernya ialah french fries. Walaupun termasuk kedalam junk food cemilan ini tetap digemari.

Selain rasanya yang enak, cemilan ini juga cukup ringan dan bisa dimakan kapanpun. Biasanya cemilan ini tersedia dalam kemasan instan. Anda cukup menggorengnya sendiri. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah agar lebih ekonomis dan juga hemat. Rasanya pun tidak akan jauh berbeda dari kentang instan.

Untuk cara membuat kentang goreng yang renyah Anda bisa menyediakan beberapa bahan. Bahan tersebut terdiri dari kentang besar sebanyak 2 buah, kunyit bubuk 1/2 sdt, 1 sdm tepung terigu, air es, garam dan minyak secukupnya. Sediakan setiap bahan tersebut sesuai takarannya. Pastikan semua bahan tersebut masih dalam keadaan baik.

Untuk tahap pembuatannya pertama kupas kentang hingga bersih. Jangan lupa siapkan air bersih dalam baskom untuk mencuci dan merendamnya agar tidak menghitam. Setelah dikupas, potong-potong menjadi seperti stik dengan panjang kurang lebih 6 cm dan tebal 0,5 hingga 1 cm. Masukkan dalam baskom berisi air tadi.

Masukkan kunyit bubuk tadi agar warnanya tidak terlalu pucat. Pastikan kentang direndam hingga warna kunyit menyerap pada kentang. Setelah itu rebus kentang pada air yang mendidih selama 3 hingga 4 menit. Cara membuat kentang goreng pada tahap ini perlu dilakukan agar hasilnya menjadi lebih awet dan juga bagus.

Jika sudah matang dan empuk, angkatlah lalu masukkan ke dalam air es. Siapkan air es tersebut dalam wadah lainnya untuk menampung hasil rebusan kentang. Pastikan air es tersebut dapat merendam semua kentang yang telah selesai direbus tadi. Biarkan beberapa saat sampai panasnya hilang.

Di tempat lain Anda harus mencampurkan tepung terigu dan garam. Cara membuat kentang goreng pada bagian ini merupakan tahap yang dapat membuatnya renyah. Gulingkan kentang pada campuran tepung tersebut hingga merata. Jangan terlalu membiarkan tepung menempel terlalu banyak pada kentang karena kentang akan lebih keras.

Pastikan semua kentang terlumuri dengan merata. Lakukan pada semua kentang hingga selesai. Goreng kentang pada minyak panas dalam wajan atau penggorengan. Minyak yang disiapkan jangan terlalu panas karena nantinya kentang akan terlalu kering atau mudah gosong.

Goreng hingga berwarna kuning keemasan dan agak kering. Jangan terlalu lama menggorengnya karena kentang bisa menjadi berwarna gosong. Setelah kering, angkat laku tiriskan. Biarkan hingga minyaknya mengering. Anda bisa memakannya saat masih hangat. Rasanya akan lebih nikmat.

Sediakan saus tomat atau cabe agar rasanya menjadi lebih nikmat. Anda juga bisa menyediakan saus mayonaise. Hal ini bisa disesuaikan dengan selera Anda. Jika kurang menyukainya, Anda bisa menaburkan garam atau penyedap makanan agar rasanya menjadi lebih gurih dan enak.

Cara membuat kentang goreng agar lebih renyah memang lebih mudah dari yang dibayangkan. Sebab, alat, bahan dan caranya cukup praktis dan mudah dilakukan. Tak perlu biaya yang lebih mahal dan rumit. Bahan yang dibutuhkan bisa dengan mudah ditemukan di warung terdekat di daerah Anda.

Agar Anda selalu ingat, Anda bisa mencatat cara membuat kentang goreng ini dalam buku catatan Anda atau pada ponsel. Anda bisa segera mencoba untuk mempraktekkannya di rumah Anda. Perhatikan setiap takaran dari bahan dan kebersihan dari alat yang akan digunakan. Dengan begitu, hasilnya akan lebih renyah dan sehat.

 

 

You may also like