Home Finansial Landasan dan Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah Terbaik

Landasan dan Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah Terbaik

by 8qmaf
Landasan dan Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah Terbaik

Hidup setiap orang memang penuh dengan risiko dan ketidakpastian. Untuk menghadapi berbagai risiko yang terjadi ini, Anda memerlukan jaminan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, muncullah sebuah layanan yang dikenal dengan sebutan asuransi. Saat ini ada 2 sistem asuransi secara umum yakni asuransi konvensional dan juga asuransi syariah. Baik asuransi konvensional atau asuransi syariah sama-sama bertujuan sebagai persiapan menghadapi risiko.

Tetapi ada perbedaan yang jelas baik fundamental maupun teknikal. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai jenis asuransi syariah, Anda wajib memahami pengertian asuransi secara umum. Asuransi diambil dari istilah insurance yang berarti pertanggungan. Menurut KBBI asuransi adalah bentuk perjanjian atau pertanggungan dengan 2 belah pihak. Pihak yang dimaksud adalah pihak pertama atau yang memiliki kewajiban membayar iuran rutin sedangkan pihak kedua adalah pihak pemberi jaminan penuh untuk pihak pertama.

Pengertian Asuransi Syariah

Asuransi syariah merupakan jenis asuransi yang berlandaskan prinsip syariah. Prinsip syariah yang dimaksud dalam asuransi ini adalah sistem yang digunakan adalah sistem ta’awun atau tolong menolong dan tafuli atau saling melindungi di antara para peserta. Prinsip tolong menolong dan saling melindungi ini bisa terwujud karena ada dana sosial atau dana tabarru yang dikumpulkan oleh setiap peserta asuransi.

Asuransi syariah terdiri dari berbagai macam jenis sesuai dengan jenis pertanggungannya. Salah satu jenis asuransi yang banyak dicari adalah asuransi mobil Adira syariah, Sesuai dengan namanya, asuransi ini memberikan perlindungan kendaraan atau mobil Anda terhadap kerusakan atau berbagai risiko lain yang dapat menimbulkan kerugian bagi para pemiliknya.

Landasan Asuransi Mobil Syariah

Kehadiran asuransi syariah memiliki landasan berupa dalil dalam Al Quran. Landasannya yaitu QS. Al-Maidah ayat 2 “Dan tolong menolonglah kamu dalam kebajikan dan takwa & jangan tolong menolong dalam hal berbuat dosa dan pelanggaran. Berkaitan dengan persiapan esok hari yang berkaitan erat dengan asuransi, tertulis pada QS Al – Hasyr ayat 18 “Hai orang – orang beriman, bertakwalah pada Allah dan hendaklah memperhatikan apa yang telah ia perbuat untuk hari esok; dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui yang kamu kerjakan.”

Selain Al Quran dan Sunnah, perkara asuransi syariah di Indonesia juga sudah diatur oleh Dewan Syariah Nasional MUI pada fatwa DSN MUI No 21/DSN – MUI/ X/ 2001. Asuransi syariah juga terdapat dalam SK Dirjen Lembaga Keuangan nomor 4499/LK/2000 mengenai jenis, penilaian, dan batasan investasi perusahaan reasuransi sistem syariah.

Dalam sistem pemerintahan, tertulis juga dalam PP Nomor 39/2008 mengenai perubahan kedua atas PP 72/1992 mengenai penyelenggaraan Usaha Perasuransian meliputi perijinan asuransi, peningkatan modal kerja untuk asuransi syariah, dan juga keharusan DPS.

Memilih Asuransi Mobil Syariah Terbaik

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari asuransi syariah untuk mobil Anda, tentunya Anda wajib memilih layanan terbaik yang sudah terpercaya. Salah satu asuransi mobil syariah terbaik di Indonesia adalah asuransi mobil Adira syariah. Ini adalah layanan yang sudah cukup lama hadir di Indonesia sehingga kualitas pelayanannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Semua industri keuangan syariah, termasuk asuransi syariah Adira akan diawasi oleh DPS atau Dewan Pengawas Syariah. Setiap produk yang dikeluarkan bahkan sudah mendapatkan persetujuan lebih dulu dari DPS untuk memberikan jaminan keyakinan bagi para nasabah. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai halal haram produk syariah yang disediakan oleh Adira Syariah karena sudah diawasi oleh ahli.

Autocilin Syariah adalah produk asuransi mobil Adira yang memberikan jaminan terhadap mobil Anda. Adira Syariah saat ini telah menghadirkan 3 paket asuransi mobil yaitu paket Autocilin Comprehensive 1, Autocilin Comprehensive 2, dan Autocilin TLO. Autocilin Syariah.

Asuransi mobil Adira syariah saat ini telah dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para nasabahnya. Fitur tersebut antara lain adalah Emergency Roadside Asistance, Autocilin Mobile Chain App, dan Autocilin Mobile Service agar dapat memberikan pelayanan terbaik secara terus menerus dengan proses yang sederhana. Bagaimana, apakah Anda sudah menentukan asuransi mobil syariah yang sesuai untuk kebutuhan Anda?

You may also like