Home Education Penggunaan Tenses dalam Bahas Inggris

Penggunaan Tenses dalam Bahas Inggris

by 8qmaf
Penggunaan Tenses dalam Bahas Inggris

Belajar bahasa Inggris bukan saja hanya mengerti artinya, melainkan termasuk juga kemampuan membaca, mendengar, mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari atau yang biasa disebut dengan practice dan sampai yang paling rumit adalah membuat kalimat mulai dari yang sederhana sampai yang sulit. Kenapa ya disebut paling rumit? Karena menyusun kalimat bahasa Inggris sebenarnya juga ada rumusnya, sama halnya seperti menyusun kalimat pada bahasa Indonesia pasti harus memperhatikan SPOK kan? Tentu saja. Menguasai penggunaan kalimat daplam bahasa Inggris dapat dukatakan sebagai modal utama yang harus dikuasai karena berbagai sumber mengatakan bahwa apabila kita bisa menguasai tenses yang tersedia di dalam ilmu bahasa Inggris, maka itu berarti kita sudah menguasai 60% kemampuan berbahasa Inggris.

Bentuk kalimat dalam bahasa Inggris bermacam-macam, kira-kira ada 16 tenses bahasa Inggris. Tenses dibedakan menurut kegunaannya, diantaranya penggunaan present continous tense, penggunaan simple present tense, penggunaan present perfect tense, penggunaan present perfect continous tense, dan masih banyak lagi. Untuk tidak sekedar mengetahui jenisnya kita perlu juga mengetahui rumusnya dan contoh pengaplikasiannya dalam percakapan sehari-hari. Rumus dan penggunaannya biasanya dapat kamu pelajari melalui mata pelajaran pendidikan bahasa Inggris di sekolah atau tempat kursus. Tetapi yuk sekarang kita bahas dulu sedikit, mulai dari present continous tense.

Present continuous tense biasa digunakan untuk menunjukkan sebuah aksi atau kejadian yang sedang terjadi pada saat pembicaraan sedang berlangsung atau bisa dikatakan kejadian saat ini.  Selain itu, present continuous tense juga dapat digunakan untuk membuat suatu rencana di masa yang akan datang atau sesuatu yang belum terjadi. Rumus yang digunakan untuk membentuk kalimat present continuous tense adalah:

S + Am/Is/Are + Verb –ing (Continuous Form)

Contoh penggunaannya sebagai berikut :

  • Jenis kalimat positif : I am eating now, You are sleeping now
  • Jenis kalimat negatif : They are not singing, she is not studying
  • Jenis kalimat interogatif : Am i distrubing you?, Is my father reading a newspaper now?

 

Kir-kira sudah paham belum? Jangan lupa untuk mempraktikannya ya!

You may also like