Home Education Kumpulan Ayat Alquran dan Hadits Tentang Qurban

Kumpulan Ayat Alquran dan Hadits Tentang Qurban

by 8qmaf
Ayat Alquran dan Hadits Tentang Qurban

Tanggal 1 Dzulhijjah tahun 2021 jatuh pada 11 Juli mendatang. Ini berarti dalam hitungan hari umat islam akan melaksanakan hari raya idul adha yang juga identik dengan penyembelihan hewan kurban. Tentang berkurban sendiri kamu pasti sudah sering mendengar bahwa bermula dari kisah Nabi Ibrahim yang mendapatkan petunjuk lewat mimpi. Di dalam mimpinya, beliau diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih putra darah dagingnya, Nabi Ismail.

Meski awalnya merasa berat hati, namun Nabi Ibrahim akhirnya melaksanakan perintah tersebut. Beruntung mukjizat datang, Nabi Ismail digantikan dengan domba. Dari sinilah kemudian tanggal dimana hal tersebut terjadi dirayakan dengan berkurban. Mengenai berkurban tentu saja telah dituliskan oleh Allah dalam alquran serta tercantum dalam hadits-hadits Rasulullah. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini :

Tentang Berkurban Yang Tertulis Dalam Ayat-Ayat Alquran

  • Al-Kautsar ayat 2

“Maka kerjakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).”

  • Al Hajj ayat 34

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).”

  • Al-Maidah ayat 27

“Dan ceritakanlah (Muhammad) yang sebenarnya kepada mereka tentang kisah kedua putra Adam, ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka (kurban) salah seorang dari mereka berdua (Habil) diterima dan yang lain (Qabil) tidak diterima. Dia (Qabil) berkata, ‘Sungguh, aku pasti membunuhmu!’ Dia (Habil) berkata, ‘Sesungguhnya Allah hanya menerima (amal) dari orang yang bertakwa”

  • As-Saffat ayat 102

“Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: ‘Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!’ Ia menjawab: ‘Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, Insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar’”

  • Al-Hajj ayat 37

“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik”.

 

Hadits Mengenai Qurban

  • Nabi bersabda, “Aku diperintahkan untuk berkurban, tidak wajib bagi kamu.” (HR. Tirmidzi)
  • “Saya mendengar Rasulullah bersabda “Ada tiga perkara yang wajib bagiku dan sunat bagi kamu, shalat witir, menyembelih qurban, dan shalat dhuha,” (HR. Ahmad)
  • Abdullah bin Umar berkata, “Rasulullah SAW tinggal di Madinah selama sepuluh tahun, dan beliau selalu berqurban.”
  • “Barangsiapa menyembelih hewan qurban setelah shalat, maka sungguh telah sempurna penyembelihannya. Ia telah cocok dengan sunnah kaum muslimin.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  • “Rasulullah SAW menyembelih dua ekor kambing kibash yang bertanduk, beliau menyembelihnya dengan tangan beliau, sambil menyebut nama Allah dan bertakbir, serta meletakkan kaki beliau di atas pangkal lehernya.” (HR. Muslim)
  • “Tidaklah seorang manusia melakukan suatu amal pada hari Nahar (10 Dzulhijjah) yang lebih dicintai Allah SWT daripada menumpahkan darah (menyembelih kurban). Sesungguhnya, hewan kurban itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, bulu dan kukunya. Sesungguhnya Allah telah menerima niat berkurban itu sebelum darahnya jatuh ke tanah. Maka jadikanlah diri kamu menyukai ibadah kurban itu,” (HR. Al Hakim, Ibnu Majah, dan at Tirmidzi.

Itu dia ayat-ayat alquran dan hadits yang membahas mengenai kurban dan hal yang berkaitan dengannya. Semoga dengan mengetahuinya, kita jadi semakin terinspirasi untuk memanfaatkan hari-hari di Dzulhijjah dengan baik. Sebab pada 10 hari pertama Dzulhijjah mengandung banyak sekali keistimewaan dan disebut sebagai Al Ayyam Al Maklumat  atau hari-hari yang telah diketahui. Pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah tersebut dapat kamu isi dengan membaca alquran serta memperbanyak amal ibadah lainnya.

You may also like