Home Education Informasi Dunia Islam Yang Perlu Anda Ketahui

Informasi Dunia Islam Yang Perlu Anda Ketahui

by 8qmaf
Informasi Dunia Islam Yang Perlu Anda Ketahui

Islam merupakan agama  terbesar kedua di dunia setelah agama kristen.  Sedangkan orang yang yang memeluk agama Islam disebut muslim. Bagi kalian yang penasaran bagaimana Islam bisa masuk ke Indonesia. Berikut Informasi dunia Islam di Indonesia  tentang awal  mula agama Islam bisa  masuk ke Nusantara.

 

Penyebaran agama Islam di Indonesia

Penyebaran agama Islam di Indonesia berasal dari beberapa sumber yaitu kegiatan pedagangan yang dilakukan oleh para pedagang muslim dari Arab, adopsi dari penguasa lokal dan pengaruh tasawuf. Menurut teori Gujarat Islam masuk melalui wilayah Gujarat – India melalui para pedagang pada abad ke 13 M. Sedangkan menurut teori Mekah Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 7 M melalui jasa para pedagang Arab. Ketiga teori Persia menyebutkan bahwa Islam masuk ke Indonesia di perankan oleh pedagang asal Persia.

Sumatera merupakan daerah pertama kali  terjadinya penyebaran agama Islam karena letak pulau Sumatra yang dekat dengan selat Malaka yang pada saat itu menjadi  pusat perdagangan atau bisnis. Untuk penyebaran agama Islam di Sulawesi dilakukan dengan hubungan antar kerajaan kerajaan.  Pengaruh sultan Ternate berperan penting dalam penyebaran agama Islam di pulau Sulawesi tengah dan utara. Kesultanan Tidore pada abad ke 17 berhasil menguasai tanah Papua dan dapat menyebarkan agama Islam hingga wilayah semenanjung onin kabupaten Fakfak Papua barat.

Sedangkan untuk proses penyebaran agama Islam di pulau Jawa di lakukan oleh para Walisong. Para walisongo menyebarkan agama Islam dengan cara melakukan pendekatan sosial budaya kepada para masyarakat sekitar.  Wali songo tersebut terdiri dari Sunan Gresik,Sunan Ampel,Sunan Giri,Sunan Bonang,Sunan Kudus,Sunan Drajat,Sunan Gunung Jati, Sunan Kalijaga,Sunan Muria.

Di pulau Kalimantan Islam masuk pertama kali melalui pontianak pada abad ke 18 hal tersebut terbukti dengan ditemukannya pemakaman Islam kuno dan masjid gede. Agama Islam dapat menyebar dengan cepat di pulau Kalimantan akibat pengaruh dari dua ulama terkemuka yaitu Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari dan Syekh Muhammad Nafis

Demikian informasi singkat tentang sejarah awal mula agama Islam masuk ke Indonesia. Sehingga menyebabkan mayoritas penduduk Indonesia menganut islam sebagai agamanya.

You may also like