Home Bisnis Inilah Jenis Press Release yang Banyak Digunakan

Inilah Jenis Press Release yang Banyak Digunakan

by 8qmaf
Inilah Jenis Press Release yang Banyak Digunakan

Zaman semakin berkembang, begitu juga cara penyampaian informasi yang menunjukkan kemajuan berarti. Salah satunya dengan sarana bernama press release. Banyak yang telah mendengar istilah ini, namun masih keliru memahami artinya. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak ulasannya di sini:

Fungsi Press Release

Press release merupakan cara menyampaikan sebuah informasi. Baik yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan di perusahaan, produk baru, dan lain-lain. Bila disederhanakan, press release adalah cara soft selling agar sebuah perusahaan maupun lembaga bisa dikenal banyak orang.

Perusahaan sekarang dapat mengatur apa saja informasi yang hendak disampaikan ke masyarakat luas. Selain itu juga dapat meningkatkan citranya di mata masyarakat. Sesuatu yang familiar tentu akan lebih mudah diterima. Di era teknologi, keberadaan press release sangat efektif untuk penyampaian informasi.

Jenis-jenis Press Release

Pemberitaan dari press release umumnya dilakukan pada media seperti koran, televisi, hingga media sosial. Umumnya informasi ini tidak panjang, melainkan harus komprehensif agar masyarakat mudah mengerti. Berikut ini beberapa jenis dari press release sesuai dengan tipe informasi yang disampaikan:

1. Product

Persaingan di ranah bisnis online semakin ketat, sehingga press release jenis product seperti ini cukup sering digunakan. Informasi ini berhubungan dengan peluncuran sebuah produk. Akan ada penjelasan spesifik mengenai produk tersebut.

Saat ini banyak perusahaan menggunakan jasa agency press release untuk membuat informasi mengenai sebuah produk. Tujuannya agar informasi produk bisa ditangani orang-orang yang profesional dalam bidangnya sehingga mendapatkan hasil lebih efektif.

2. General News

Merupakan bentuk yang paling sering digunakan dalam press release, yakni mengabarkan tentang peristiwa. Biasanya lazim digunakan dalam menyampaikan berita yang umum, contohnya perusahaan makanan baru saja mendapatkan sertifikat halal sehingga bisa dikonsumsi konsumen Muslim.

3. Event

Sesuai namanya, jenis informasi ini bertujuan untuk mengabarkan tentang sebuah acara yang hendak diadakan oleh perusahaan/lembaga. Berisi keterangan seperti isi acara, jam, serta tempat dilaksanakannya. Sederhananya, mengikuti format 5W 1H sehingga informasinya tetap ringkas namun lengkap.

4. Rebranding

Rebranding bermaksud menjelaskan perubahan image pada sebuah perusahaan kepada masyarakat. Sehingga dapat menjelaskan alasan perubahan yang kemudian mengarah pada citra dan ekspektasi yang berbeda pula. Jenis informasi ini cukup kompleks sehingga umumnya perusahaan menyerahkan pembuatannya ke jasa press release, contohnya Siaranpers.co.id

5. Partnership

Bertujuan mengabarkan jika perusahaan melakukan partnership dengan perusahaan yang lain dengan tujuan perubahan yang lebih baik. Tidak jarang dua perusahaan berkolaborasi dengan menggabungkan keunggulan masing-masing. Informasi ini diharapkan dapat mengatasi keraguan di kalangan stakeholder dengan menampilkan kesan yang positif dari partnership tersebut.

Demikian informasi mengenai fungsi dari press release serta apa saja jenis-jenis yang membedakan antara satu dengan lainnya. Saat ini penyampaian informasi perlu dilakukan dengan kreatif dan efisien. Terutama dalam lingkup perusahaan, sehingga dapat memaksimalkan performanya seiring waktu.

 

You may also like