Home Bisnis Cara Melaporkan Penipuan Investasi Telegram Lewat BAPPETI dengan Mudah

Cara Melaporkan Penipuan Investasi Telegram Lewat BAPPETI dengan Mudah

by 8qmaf
cara melaporkan penipuan investasi telegram

Sekarang ini sudah banyak orang yang menggunakan Telegram sebagai media komunikasi. Banyak grup yang bisa diikuti dari berbagai bahasan seperti investasi. Namun, ada banyak oknum-oknum tidak bertanggung jawab mengenai investasi yang beredar di Telegram. Tetapi, tidak perlu khawatir jika mendapati hal tersebut. Sebab berikut ada cara melaporkan penipuan investasi Telegram yang bisa dilakukan:

Buat Pengaduan Secara Online

Untuk melaporkan pengaduan penipuan investasi pada Telegram bisa menggunakan situs pengaduan bappebti. BAPPEBTI merupakan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi yang bisa melayani berbagai pengaduan mengenai penipuan investasi atau sejenisnya. Apabila ingin mendapatkan berbagai informasi lanjutan bisa kunjungi situs biggu. Berikut cara mengadukan secara online:

1. Buat Akun

Pada pelayanannya tidak hanya diperuntukkan pada Telegram saja. Namun bisa juga digunakan untuk semua media. Jika menemukan penipuan investasi. Nah untuk caranya, pengguna bisa membuat akun terlebih dahulu, berikut caranya:

  • Pertama, buka laman web browser yang tersedia di perangkat, kemudian masuk ke situs https://pengaduan.bappebti.go.id
  • Setelah itu, akan muncul halaman utama yang mengarahkan ke pendaftaran akun.
  • Pelapor bisa lakukan pendaftaran dengan mengisi data dengan benar dan lengkap.
  • Jika sudah terisi semua, tekan Registrasi yang ada dibawahnya.
  • Kemudian, aktivasi akun melalui sebuah tautan yang dikirimkan web ke alamat Email yang terdaftar saat registrasi.
  • Buat kata Sandi yang akan digunakan seterusnya untuk masuk ke situs lagi.

2. Buat pengaduan

Setelah membuat akun, kemudian buatlah pengaduan. Pelapor bisa mengatakan dengan jujur, jelas dan selengkap-lengkapnya. Supaya kasus bisa langsung diselesaikan dengan baik. Apabila, ingin Nah, berikut cara membuat pengaduan:

  • Pertama, jika sudah membuat akun dan telah mengaktivasinya melalui Email. Selanjutnya adalah masuk kembali ke situs pengaduanbappebti.
  • Lakukan login dengan tekan masuk. Lalu, masukkan username atau ID pengguna dan Password atau kata Sandi.
  • Jika sudah, tekan menu Pengaduan. Di dalamnya akan muncul beberapa data yang harus diisi pelapor.
  • Masukan data-data dari pelapor sendiri dengan benar.
  • Lengkapi juga data-data dari identitas orang yang terlapor. Selain itu, juga lengkapi data dari identitas perusahaan.
  • Apabila sudah, maka selanjutnya masukan dan isi dengan lengkap beberapa pertanyaan yang diajukan terkait dengan kasus yang terjadi tersebut.
  • Lalu, unggah dokumen persyaratan-persyaratan pengaduan. Seperti bukti-bukti kasus tersebut.
  • Terakhir, masukkan data di kolom kronologis, lengkapi data dengan selengkap-lengkapnya. Tekan Kirim Pengaduan dan selesai.

Pengaduan Secara Langsung

Selanjutnya, cara melaporkan penipuan investasi di Telegram secara langsung, pelapor bisa datang langsung ke kantor Bappebti. Lokasinya  berada di kantor Gedung Bappebti, Jakarta Pusat. Sebelum datang ke kantor, pastikan membawa semua persyaratan dengan jelas dan lengkap. Adapun persyaratan yang dibutuhkan seperti:

  • membawa bukti-bukti yang valid dan sejujur-jujurnya terkait kasus tersebut. Jangan sampai ada yang terlewatkan,.
  • Selain itu bisa juga membawa bukti transfer dari kasus investasi, jika ada. Sebenarnya pelapor juga bisa datang ke warung waspada investasi. Dimana tempat tersebut bisa disediakan untuk melayani pengaduan, sosialisasi dan konsultasi.

Itulah cara melaporkan penipuan investasi Telegram dengan mudah. Jadi, sekarang apabila menemukan terkait penipuan investasi, yang terjadi pada orang lain maupun diri sendiri. Tidak perlu takut atau bingung untuk melaporkannya. Bisa ikuti langkah diatas. Tetapi jika ingin lebih jelas atau pelapor ingin lebih mantap bisa datang langsung ke kantornya.

You may also like