Home Bisnis Benarkah Rug Pull Adalah Kejahatan Cek Faktanya dan Cara Kerjanya di Sini!

Benarkah Rug Pull Adalah Kejahatan Cek Faktanya dan Cara Kerjanya di Sini!

by 8qmaf
rug pull adalah

Rug pull adalah salah satu istilah dalam dunia crypto. Namun, masih banyak trader yang tidak mengenal apa itu rug pull. Padahal rug pull menjadi strategi yang sangat penting ketika bermain trading crypto. Bagi yang belum mengetahui apa itu rug pull, maka pembahasan di bawah ini bisa dijadikan referensi untuk menambah wawasan!

Apa Itu Rug Pull?

Rug pull adalah strategi trading yang bisa diartikan sebagai langkah untuk menarik seluruh aset dalam waktu tertentu. Secara harfiah rug pull sendiri dapat dimaknai sebagai istilah menarik karpet. Rug pull memang menjadi salah satu strategi dalam dunia crypto. Sayangnya strategi yang dimaknai disini merupakan strategi negatif yang bisa saja merugikan banyak pihak.

Bahkan banyak trader yang menganggap rug pull sebagai tindakan kejahatan. Jika diartikan secara bahasa, rug pull yang berasal dari bahasa inggris adalah menarik karpet dari bawah kaki. Tindakan ini tentunya dapat membuat seseorang terkejut hingga terjatuh secara tiba-tiba.

Dalam dunia crypto, rug pull adalah strategi dimana seorang trader menarik seluruh aset hingga likuiditas di pasar hilang secara tiba-tiba. Kondisi seperti ini tentu saja membuat harga aset menjadi anjlok. Akibatnya, sejumlah trader lainnya juga ikut melepas asetnya agar tidak mendapatkan kerugian besar mengingat harga aset tersebut sedang anjlok.

Semakin banyak trader yang melepas aset dalam periode waktu yang sama, maka harga aset tersebut akan semakin jatuh. Maraknya tindakan rug pull yang dilakukan oleh trader curang menjadi peringatan yang sangat penting bagi para trader Khususnya pemula agar lebih berhati-hati saat trading dengan token DeFi.

Benarkah Rug Pull adalah Kejahatan?

Melihat dari dampak yang ditimbulkan dari rug pull dapat merugikan banyak trader, maka rug pull dapat dikatakan sebagai tindakan kejahatan. Sayangnya regulasi mengenai rug pull masih belum jelas sehingga para pelaku tindak kejahatan ini tidak bisa dihukum.

Selain itu dengan ekosistem trading crypto yang saat ini masih belum cukup memadai, untuk melacak para pelaku rug pull sulit dilakukan. Oleh karena itu, trader yang bermain dengan aset crypto harus selalu waspada dan lebih cermat lagi memperhatikan kondisi pasar.

Ketika pergerakan harga aset tidak normal maka trading harus lebih jeli lagi menganalisisnya. Sebab ketika ada seseorang atau suatu kelompok yang melakukan rug pull, harga aset pasti akan turun drastis. Ketika sudah mengetahui hal ini, trader sebaiknya segera menjual aset.

Bagaimana Cara Kerja Rug Pull?

Rug pull dilakukan di pertukaran terdesentralisasi atau DEX. Strategi curang ini dilakukan saat developer membuat token kemudian dicantumkan pada DEX. Setelah token terpasang pada DEX, developer sengaja memasangkannya kembali dengan mata uang crypto.

Dengan promosi besar-besaran yang meyakinkan maka trader bisa saja terkecoh dan membeli aset crypto dalam jumlah besar. Oleh karena itu bagi trader pemula sebaiknya jangan terburu-buru untuk membeli aset dalam jumlah besar hanya karena aset tersebut sedang trend atau dipromosikan oleh orang ternama.

Nah ketika banyak trader yang mulai melepas aset crypto, developer kemudian menarik seluruh aset tersebut dari likuiditas. Kondisi seperti ini tentunya membuat dampak yang buruk dimana harga koin dari crypto bisa sampai bernilai nol.

Pada dasarnya rug pull adalah kejahatan yang dilakukan oleh trader yang bekerjasama dengan developer. Untuk menarik perhatian banyak trader agar trading ke suatu aset crypto, pelaku akan membuat sensasi dan mempromosikan aset crypto tersebut.

Pintu adalah aplikasi jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Di Pintu, kamu bisa mengecek pergerakan harga aset, membaca berita-berita terbaru tentang crypto serta melakukan investasi dan trading hanya mulai dari Rp11.000 saja, lho. Download Pintu sekarang!

You may also like