Home Aplikasi Memahami Omnichannel Marketing dan Memilih Omnichannel Software yang Tepat

Memahami Omnichannel Marketing dan Memilih Omnichannel Software yang Tepat

by 8qmaf
Memahami Omnichannel Marketing dan Memilih Omnichannel Software yang Tepat

Omnichannel marketing adalah pendekatan yang mengintegrasikan semua saluran digital dan titik sentuh menjadi satu strategi yang kohesif.

Pendekatan Omnichannel marketing adalah cara untuk memastikan bahwa bisnis anda mengikuti tren teknologi, media sosial, dan perilaku konsumen terkini.

Strategi ini juga membantu anda menjangkau konsumen baru yang berbelanja online dan offline.

Strategi omnichannel marketing dapat dijalankan di berbagai tingkat organisasi.

Sebuah perusahaan kecil dapat menerapkannya dengan menggunakan situs web mereka sebagai platform untuk upaya pemasaran offline mereka dan saluran media sosial yang mereka punyai.

4 Pondasi Omnichannel Marketing

Ada setidaknya 4 pondasi yang harus anda terapkan jika ingin menggunakan pendekatan omnichannel marketing, di bawah ini adalah penjelasanya:

1. Fokus pada pengalaman pelanggan, bukan hanya pada satu saluran

Omnichannel marketing mengharuskan fokus memberikan pengalaman pelanggan yang optimal dan menarik di semua saluran.

2. Buat perjalanan pelanggan yang menarik yang mencakup seluruh saluran

Omnichannel marketing dapat menghasilkan pengalaman pelanggan yang lebih lancar dan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan pelanggan.

3. Pastikan komunikasi Anda dengan pelanggan konsisten di semua saluran

Ciptakan pengalaman pelanggan yang konsisten di semua saluran. Fokusnya adalah pada kebutuhan pelanggan yang holistik dan bukan hanya satu saluran atau yang lain.

4. Rangkullah teknologi untuk meningkatkan kinerja bisnis Anda

Omnichannel marketing dapat meningkatkan layanan pelanggan, pendapatan, produktivitas staf, dan keunggulan kompetitif perusahaan. Hal ini dapat di capai jika anda menggunakan teknologi yang tepat.

5 Tren Omnichannel yang Mengubah Pemasaran Ritel di 2022

Pemasaran ritel omnichannel adalah proses memberikan pengalaman yang mulus dan menarik kepada pelanggan Anda di semua saluran.

1. Bangkitnya Pemasaran Seluler

Seluler telah menjadi bagian penting dari perjalanan pelanggan omnichannel.

Strategi ini bukan hanya tentang mendorong konten ke konsumen, tetapi juga tentang memberikan pengalaman yang dipersonalisasi yang membantu mendorong konversi.

2. Keterlibatan Media Sosial

Media sosial adalah salah satu cara paling efektif untuk terlibat dengan pelanggan Anda dan menciptakan kesadaran audience tentang brand yang anda punyai.

Strategi ini dapat memberikan wawasan tentang apa yang diinginkan pelanggan anda dan bagaimana mereka berperilaku, yang dapat membantu Anda lebih memahami apa yang mereka inginkan dari Anda sebagai balasannya.

3. Data Pelanggan Menjadi Sangat Mahal

Data telah menjadi aset berharga bagi pengecer karena memberi mereka lebih banyak wawasan tentang perilaku dan preferensi pelanggan mereka.

Hal ini memungkinkan pengecer untuk memberikan pengalaman pribadi yang lebih baik yang membangun loyalitas pelanggan, yang pada gilirannya memberikan keunggulan kompetitif.

4. Ritel Terhubung

Dengan munculnya teknologi pintar, toko ritel menjadi “pintar” dengan pengalaman omni-channel yang memberi pembeli apa yang mereka inginkan saat mereka menginginkannya tanpa harus meninggalkan rumah mereka.

5. Bangkitnya Perdagangan Seluler

Revolusi seluler telah membawa era baru e-niaga yang telah menjadi pasar senilai $1 triliun. Dengan perkiraan 4 miliar smartphone dan terus bertambah setiap tahunya di seluruh dunia, potensi perdagangan seluler sangat besar.

Data dan Penggunaan Analytics untuk Omnichannel Marketing

Omnichannel adalah strategi pemasaran teratas untuk merek pada saat ini. Mereka memungkinkan pengalaman yang lebih personal dan interaktif dengan konsumen.

Analitik omnichannel adalah alat yang ampuh yang dapat membantu pemasar memahami bagaimana orang berinteraksi dengan merek mereka di semua saluran.

Strategi ini membantu mereka membuat keputusan yang tepat tentang cara meningkatkan keterlibatan dan rasio konversi.

Alat analitik omnichannel memberikan wawasan tentang data yang dikumpulkan dari berbagai sumber, termasuk media sosial, analitik situs web, CRM, pemasaran email, dan banyak lagi.

Bagaimana Memilih Omnichannel Software Terbaik untuk Kebutuhan Bisnis Anda?

Langkah pertama dalam memilih platform omnichannel adalah menentukan apa kebutuhan bisnis Anda. Apakah Anda membutuhkan lebih banyak otomatisasi? Apakah Anda memerlukan solusi yang terintegrasi dengan CRM?

Apakah Anda memerlukan solusi yang terintegrasi dengan email marketing?

Setelah Anda menentukan kebutuhan ini, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengidentifikasi platform mana yang paling cocok untuk bisnis Anda.

Omnibotika merupakan sebuah omnichannel software yang memiliki semua fasilitas untuk menjalankan strategi omnichannel marketing. Tampilan layout yang simple sangat memudahkan pengguna pemula sekalipun.

Omnibotika merupakan salah satu produk unggulan dari Botika sebuah perusahaan yang mengembangkan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI). Omnibotika banyak meraih penghargaan untuk kategori Omnichannel software.

 

You may also like